Wabah Corona di Kalsel

Tak Bisa Pulang, Dosen ULM Ini Terpaksa Berlebaran Bersama Dua Anaknya di Jepang

Anni Nurliani (38), Dosen Biologi FMIPA ULM Banjarbaru terpaksa berlebaran di Jepang bersama dua anaknya

istimewa
Anni Nurliani (38), Dosen Biologi FMIPA ULM Banjarbaru tak bisa pulang. Ia terpaksa berlebaran di Negeri Jepang bersama dua anaknya dan berjauhan dengan suami. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID - Anni Nurliani (38), Dosen Biologi FMIPA ULM Banjarbaru kini tengah menuntut ilmu di Negeri Sakura.

Bagi wanita yang lahir di Kandangan Kalimantan Selatan dan tinggal serta dibesarkan di Martapura ini, tahun 2020 adalah tahun terakhirnya menuntut ilmu S3 di Obihiro University of Agriculture and Veterinary Medicine.

Sempat memesan tiket di awal tahun 2020 dan menyiapkan koper untuk mudik ke kampung halaman di Martapura Kalimantan Selatan, akhirnya ia bersama dua anaknya Nabilah Putri Amalia(14) dan Muhammad Zaidan (7) harus mengurungkan niatnya itu.

"Tidak bisa pulang ke kampung halaman karena Coronavirus ini. Anak-anak sempat sedih dan merasa kecewa akan tetapi sekarang mereka dapat mengerti, " ucap Anni Nurliani, Dosen FMIPA ULM, Sabtu (23/05/2020) melalui telepon seluler.

Tidak Pulang Kampung, Perantau Asal Malang Ini Silahturahmi Melalui Video Call

Posko PSBB Kertak Hanyar, Petugas Belum Melihat Ada Tanda-tanda Pemudik Melintas

Gagal Mudik, Perantau Asal Jombang Ini Silaturahmi Lewat Video Call

Wabah Covid-19 yang menyerang seluruh negara di belahan dunia membuat Anni dan kedua anaknya harus bersabar dan menerima keputusan maskapai yang menunda penerbangan mereka ke Indonesia.

Ibu dua anak ini mengatakan, lebaran di negeri orang dan berjauhan dengan suaminya, Barkatullah Amin, sempat membuat sedih Anni dan kedua anaknya.

Anni mengatakan suaminya sudah terlebih dahulu kembali ke Indonesia dan tengah bekerja di BVet Banjarbaru.

"Tahun ini lebaran tentu akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya kami biasanya merayakan lebaran dengan shalat Idul Fitri berjama'ah bersama keluarga muslim lainnya yang berasal dari berbagai negara. Mereka merupakan para mahasiswa asing di Obihiro University of Agriculture and Veterinary Medicine, " tambah Anni, lulusan S1 Biologi FMIPA ULM itu.

Ia juga menuturkan, biasanya setelah shalat Idul Fitri ia bersama mahasiswa Indonesia lainnya yang ada di Jepang berkumpul dan makan bersama di salah satu rumah mereka.

Halaman
12
Penulis: Kristin Juli Saputri
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved