Berita Regional

WNA Pemilik 821 Kg Sabu Asal Pakistan dan Yaman Dibekuk Polisi, Kemas Sabu dalam Tupperware

Dua WNA pemilik 821 sabu asal Pakistan dan Yaman diringkus jajaran kepolisian di sebuah ruko di Serang, Banten, , Jumat (23/5/2020) malam.

(KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA)
Polisi sidak dua distributor masker di Jalan Pancoran, Glodok, Jakarta Barat, Kamis (4/3/2020) sore. Sidak tersebut dipimpin oleh Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri, Komjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Dua warga Negera Asing diringkus jajaran kepolisian di sebuah ruko di Serang, Banten, , Jumat (23/5/2020) malam.

Dari Kedua WNA asal Pakistan dan Yaman polisi berhasil menyita sedikitnya 821 Kilogram sabu yang disembunyikan dalam kemasanTupperware hingga plastik ketengan

Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo mengatakan, polisi mulai menyelidiki sindikat ini sejak Desember 2019.

Saat itu, polisi mengamankan sebuah kapal. Setelah dilakukan pemeriksaan, para ABK kapal tersebut terbukti positif narkoba. Namun, saat itu polisi tak mendapatkan barang bukti.

Musnahkan 237 Kg Sabu, Polda Kalsel Kerahkan Mobil Mixer

Geledah Gudang Beras di Kabupaten Banjar, Petugas Temukan 25 Gram Sabu

Ngaku Tergiur Upah Puluhan Juta, Malik Rela Jadi Kurir Sabu Satu Kilogam

"Kemudian kami lanjutkan di bulan Januari 2020, akhirnya kita berhasil ungkap 288 kilogram sabu dengan mengamankan tiga tersangka," ujar Listyo dalam jumpa pers di Polda Banten, Sabtu (23/5/2020).

Dari ketiga tersangka tersebut dilakukan pengembangan. Polisi mendapatkan informasi akan adanya transaksi yang dilakukan pada Jumat (22/5/2020) kemarin oleh dua WNA.

Keduanya adalah BA asal Pakistan dan AS asal Yaman.

Polisi pun membuntuti pelaku sampai ke di ruko yang berlokasi di Jalan Takari, Taktakan, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Provinsi Banten. Ruko itu menjadi tempat bagi dua pelaku menyembunyikan ratusan kilogram sabu.

"Dilakukan penyelidikan dan pembuntutan tadi malam target dua orang sedang coba memindahkan sabu ke dalam kotak yang sudah dipersiapkan. Anggota tim melakukan penyergapan," ujar Listyo.

Saat penggerebekan itu, sabu sudah ditaruh dalam berbagai kemasan, mulai dari Tupperware sebanyak 517.200 gram, plastik putih bening sebanyak 147.460 gram, plastik lakban kuning sebanyak 92.920 gram, plastik lakban warna coklat sebanyak 74.460 gram, serta plastik ketengan sebanyak 210 gram.

VIDEO Ratusan Gram Sabu dan ekstasi di Polresta Banjarmasin Diblender

Kakak Siti Badriah Ditangkap Polisi, Ditemukan 1,95 Gram Sabu, Urinenya Positif Amfetamin

"Sehingga, totalnya berjumlah 821.500 gram," kata Listyo.

Kedua tersangka disangkakan dengan Pasal 132, 114, dan 112 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkoba dengan ancaman maksimal penjara seumur hidup atau hukuman mati.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kronologi Penangkapan WNA Asal Pakistan dan Yaman Pemilik 821 Kg Sabu"

Penulis : Ihsanuddin

Editor: Hari Widodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved