Breaking News:

Idul Fitri 1441 H

Beberapa Masjid di Kabupaten Balangan Gelar Shalat Ied, Terapkan Jaga Jarak

Jemaah Masjid Istiqomah Kabupaten Balangan menaati imbauan panitia Shalat Ied untuk jaga jarak satu sama lain untuk menghindari sebaran Covid-19.

ABDUL KADIR UNTUK BPOST GROUP
Salat Ied di Masjid Istiqomah di Paringin Barat, Kelurahan Paringin Kota, Kabupaten Balangan, Kalsel, Minggu (24/5/2200). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Sejumlah masjid di wilayah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar pelaksanaan shalat Ied, pada momen perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Minggu (24/5/2020).

Ditengah pandemi Covid 19 ini, dimana anjuran MUI untuk melaksanakan shalat Ied di rumah, nampaknya tidak berpengaruh pada kebanyakan masyarakat. Namun meski begitu, sebagian masjid yang menggelar kegiatan sholat Ied menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid 19.

Dalam masjid tersebut, yakni Masjid Istiqomah di Paringin Barat, Kelurahan Paringin Kota, Kabupaten Balangan, Kalsel, bertuliskan imbauan untuk jaga jarak. Tertera pengumuman berisi "Mohon jaga jarak shaf di belakang, ikuti shaf di depan".

Jemaah pun mematuhi aturan tersebut. Terlebih ada ratusan jamaah yang berhadir untuk melaksanakan salat ied sekaligus silaturahmi.

Dua Korban Penganiayaan Tewas di Kabupaten Balangan, Polisi Dalami Motif

"Alhamdulillah pelaksanaan sholat Ied tahun ini berjalan khusyuk dan di masjid yang kami datangi melaksanakan salat sebagai protokol kesehatan saat mencegah adanya Covid 19," ucap jamaah Masjid Istiqomah, Abdul Kadir.

Tak hanya imbauan yang diberlakukan oleh panitia masjid. Keamanan pelaksaan sholat Ied dijaga aparat Polri dan TNI.

Abdul Kadir juga mengatakan, kalau jamaah masjid, memang didominasi oleh masyarakat setempat. Sehingga sholat Ied pun bisa terlaksana sebagaimana tahun sebelumnya.

Selain Abdul Kadir, anggota DPRD Kabupaten Balangan, Rusdin Bibil turut melaksanakan salat hari raya Idul Fitri di masjid.

Masjid tempat ia beribadah tidak ada protokol. Namun tak mengalahkan kekhusyukan dalam pelaksanaanya.

""Melihat kondisi saat ini, saya berharap semoga Kabupaten Balangan dapat mempertahankan situasi yang ada dan virus corona bisa segera hilang dan tertangani," ucap Rusdin.

Ia juga berharap masyarakat memahami dan ikut bekerjasama dalam situasi saat ini. Begitu pemerintahan yang harus selalu menangani dan membuat kebijakan untuk pencegahan Covid 19 tanpa mengesampingkan kepentingan masyarakat.

(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved