Berita Regional

Kemungkinan Tempat Wisata akan Dibuka, Pemkab Gunung Kidul Siapkan Protokol Kesehatan Covid-19

Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, siapkan protokoler kesehatan di objek wisata yang diberlakukan setelah pembukaan wisata

kompas.com/Anggara Wikan Prasetya
Menjelang Matahari Terbit di Geoforest Watu Payung Turunan Gunung Kidul. 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, GUNUNG KIDUL - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, siapkan protokoler kesehatan di objek wisata yang diberlakukan setelah pembukaan kembali objek wisata di Yogyakarta.

Kepala Dinas Pariwisata Gunung Kidul Asti Wijayanti, Jumat (22/5/2020), mengatakan pihaknya sedang melakukan persiapan untuk menyambut datangnya wisatawan.

Pembukaan Pariwisata Yogyakarta Tunggu Rekomendasi Gugus Tugas

"Persiapan yang paling krusial untuk rencana tersebut adalah fasilitas kesehatan yang memadai. Saat ini seluruh tempat wisata di Gunung Kidul masih ditutup untuk mencegah penyebaran Covid-19," kata Asti.

Salon di Amerika Kembali Buka, 2 Tukang Cukur Positif Corona, 140 Pelanggan Terpapar Covid-19

Lab Wuhan Punya 3 Jenis Virus Corona dari Kelelawar, Begini Kemiripannya dengan Biang Covid-19

Daftar Hukuman Bagi PNS yang Nekat Mudik Selama Pandemi Covid-19, Nomor 6 Paling Parah

Begini Alur Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020, Ini Info Terbaru di Akun Resmi Instagram LTMPT

Ia mengatakan persiapan tersebut dilakukan Dinas Pariwisata dalam minggu-minggu ini. Kemudian, bila fasilitas kesehatan sudah memadai di seluruh tempat wisata, maka aktivitas pariwisata bisa kembali dibuka.

"Obyek wisata di Gunung Kidul dibuka kembali setelah keadaan normal, protokol kesehatan siap dan sarana pendukung sudah jelas," katanya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Harry Sukmono mengatakan saat ini pihaknya sedang merumuskan pedoman atau protokol Covid-19 dengan pelaku wisata.

Pedoman ini diperlukan jika situasi berangsur normal dan wisata bisa kembali dibuka.

"Perumusan pedoman ini sekaligus menyikapi langkah new normal yang digaungkan oleh pemerintah pusat. Saat ini kami masih berkomunikasi dan meminta masukan dari pelaku wisata untuk pedoman tersebut," kata Harry.

Namun demikian, kata Harry, Dinas Pariwisata Gunung Kidul sendiri belum memastikan apakah pintu wisata akan kembali dibuka pada Juni mendatang. Sebab menurut Harry, situasi saat ini masih belum kondusif untuk kebijakan tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gunung Kidul Siapkan Protokol Kesehatan di Tempat Wisata"

Editor: Syaiful Akhyar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved