Berita Banjarmasin

Inovasi Biddokes Polda Kalsel, Modif Mobil Ambulan Jadi Mobil Rapid Test dan Swab Covid-19

Jajaran Bidang Dokter Kesehatan (Biddokes) Polda Kalsel pun melakukan inovasi mengubah mobil ambulance menjadi mobil rapid test dan swab test.

banjarmasinpost.co.id/Irfani Rahman
Mobile Rapid and Swab Test Covid-19 saat turun ke sebuah lokasi 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Jajaran Bidang Dokter Kesehatan (Biddokes) Polda Kalsel pun melakukan inovasi mengubah mobil ambulance menjadi mobil rapid test dan swab test.

Mobile Rapid and Swab Test Covid 19, mobil ini saat ini terlihat kerap membantu dinas terkait seperti Dinas Kesehatan Kota dan lainnya di berbagai tempat guna pemeriksaan tes Rapid dan bahkan Swab.

Apalagi saat ini Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta pun konsen bersama stake holders lainnya turun 'memerangi' penyebaran Covid 19. Siapa sangka ternyata mobil rapid dan swab test ini dulunya adalah mobil ambulan milik Biddokes Polda Kalsel.

Namun berkat ide dari dr Bambang Prasetya dan Motivator dari Kabid Dokes Polda Kombes Kombes dr H Erwinn Zainul Hakim, MARS, MH.Kes terciptakan mobil Rapid dan Swab Test ini.

Berdasarkan pantauan, mobil ini turun melakukan pemeriksaan dan memback up Gugus Tugs Covid-19 baik kecamatan hingga Kotamadya.

Dimana dalam melakukan pemeriksaan seseorang yang akan diperiksa cukup berdiri di belakang mobil.

MUI Perbolehkan Ibadah Kembali Seperti Biasa Jika New Normal Berlaku

Tim Evaluasi Covid-19 di HSU, Temukan Fakta Hampir Tidak Ada Warga Pakai Masker, Rekomendasinya Ini

Kisah Perawat di Ruang Isolasi Covid-19 RSHHB Kandangan, Bertahan dengan Kekuatan Ikhtiar dan Doa

Acungkan Senjata Tajam, Napi Asimilasi di Giring Ke Mapolsek Banjarmasin Tengah

Disana mereka bisa memasukkan tangan mereka untuk diambil darah untuk rapid. Sedangkan untuk swab terlihat seperti ada sarung tangan panjang yang digunakan untuk men-swab,

Petugas dan pihak yang diperiksa pun terhalang kaca sehingga tak ada kontak langsung. Meski begitu dalam pemeriksaan petugas tetap melakukan standar protocol Covid yakni menggunakan APD dan kacamata serta sarung tangan,

Kabid Dokkes Polda Kombes dr H Erwinn Zainul Hakim, MARS, MH.Kes didampingi melalui Paurdoksik Iptu Supriadi Noor mengungkapkan mobil Rapid dan Swab tes ini awalnya merupakan ambulan milik Bidang Dokter Kesehatan (Biddokes) Polda Kalsel yang kemudian dimodifikasi dengan tentunya tak lepas memenuhi standar protokol kesehatan Covid -9.

Halaman
12
Penulis: Irfani Rahman
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved