Berita Tanahbumbu

Rumah Sakit Kabupaten Tanbu Minta Ventilator dan Sejahterakan Tenaga Medis

Pemprov Kalsel minta rumah sakit tangani kasus Covid-19, RSUD Kabupaten Tanbu minta ventilator dan peningkatan kesejahteraan tenaga medis.

DISKOMINFO KABUPATEN TANAHBUMBU UNTUK BPOST GROUP
RSUD Dr H Andi Abdurrahman Noor Kabupaten Tanahbumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah mengirim surat, terkait penunjukan RSUD Kabupaten Tanahbumbu (Tanbu) sebagai rumah sakit rujukan penanganan Covid-19.

Sesuai surat yang ditandatangani Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Drs H Abdul Haris, daerah mendayagunakan Rumah Sakit Umum Daerah sebagai Rumah Sakit penanganan Covid-19.

Surat itu tertuang dengan nomor 360/410/BPBD/2020 tentang penunjukkn RSUD Kabupaten Kota sebagai RS Rujukan penanganan Covid-19.

Tanggapan Pemerintah Kabupaten Tanbu, melalui Sekretris Daerah (Sekda) H Rooswandi Salem, mengaku telah mengetahui surat tersebut. Saat ini mereka telah bersiap menindaklanjuti surat tersebut.

"Kami segera akan menyiapkan segala fasilitas dan SDM untuk memenuhi hal ini. Karena penetapan RSUD sebagai rujukan memerlukan beberapa persyaratan. Walaupun saat ini sebenarnya RSUD dr H Andi Abdurrahmn Noor Tanbu sudah menjadi rujukan awal pasien covid," katanya kepada Banjarmasinpost.co.id, Selasa (26/5/2020).

Tim Gabungan Polres Tanbu dan PM Patroli Besar-besaran, Banyak Pengendara Kena Tegur

Covid-19 Akan Terus Naik di Kabupaten Tanbu, Sekda Bilang Begini

Secara umum, kebijakan Gubernur ini memberikan isyarat bahwa sudah melampaui kapasitas kemampuan provinsi menangani pasien covid. Sebab, setiap hari penambahan yqng positif semakin meningkat.

Menurutnya, bila masyarakat tidak mau perduli dengan arahan pemerintah, maka Pemerintah akan kesulitan menanganinya saat terjadi ledakan masyarakat yang terpapar.

"Harus diketahui pula, kondisi SDM medis kita sudah mulai terganggu karena beberapa petugas ada yang reaktif dan positif," katanya.

Masyarakat harus bekerja sama mencegah penyebaran Covid-19 dan selalu menerapkan SOP kesehatan, menerapkan PHBS dan menjauhi kerumunan orang banyak.

Halaman
12
Penulis: Man Hidayat
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved