Berita Kotabaru

Sembilan Desa di Kabupaten Kotabaru Salurkan BLT-DD, 189 Desa Tunggu Ini

Penyaluran BLT-DD ke 189 desa di Kabupaten Kotabaru belum bisa memastikan karena DD tahap 2 masih dalam proses pencairan.

ISTIMEWA
Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar, menyerahkan BLT-DD untuk penerima di Desa Tanjung Serudung, Kecamatan Pulaulaut Selatan. 

Editor:  Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber Dana Desa (DD), baru 9 desa di Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan, mencairkan.

Pencairan BLT-DD tahap satu, tahap 2 belum cair karena masih proses pengamprahan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kotabaru Hariansyah mengatakan, 9 desa sudah menyalurkan BLT dari DD tahap satu yang masih tersisa bersamaan turunnya aturan dari Pemerintah Pusat. 

Sembilan desa sudah menyalurkan. Masing-masing, Desa Tanjung Serudung, Kecamatan Pulaulaut Selatan, sebanyak 20 kepala keluarga (KK).

Kadisporapar Kabupaten Kotabaru Sebut Pendapatan Nol

Pantai Teluk Gosong Kabupaten Kotabaru, Begini Penampakannya

Kemudian, Desa Bangun Rejo, Tata Mekar, Teluk Tamiyang, Kecamatan Pulaulaut Tanjung Selayar, total penerima 273 KK. Di Desa Pantai Baru, Selaru, Kecamatan Pulaulaut Tengah total penerima 60 KK.

Selanjutnya, Desa Stagen, Megasari, Kecamatan Pulaulaut Utara, dengan total penerima 90 KK. Serta, Desa Mandala, Kecamatan Kelumpang Hilir, total penerima sebanyak 6 KK. 

"Dari 9 desa, total penerima sebanyak 449 KK," jelas Hariansyah kepada Banjarmasinpost.co.id, Senin (26/5/2020).

Dia akui, sudah disalurkannya BLT-DD untuk 9 desa, dipastikan masih banyak desa yang belum menyalurkan. Sementara, total jumlah desa di Kabupaten Kotabaru 198 desa. "Jadi, ada 189 desa lagi," sambung Hariansyah melalui stafnya yang membidangi, Suyoto. 

Mengenai penyaluran BLT-DD ke 189 desa, Suyoto belum bisa memastikan. Karena, DD tahap 2 masih dalam proses pencairan. "Tahap 2 masih pengamprahan," terangnya. 

Pantai Gedambaan Kotabaru Ditutup, Pengunjung Pilih Putar Balik

VIDEO Lebaran Sepi di Tengah Pandemi Covid-19, Omzet Pedagang Mainan di Kotabaru Turun Drastis

Terpisah, dari 189 belum menyalurkan BLT, Desa Rampa, Kecamatan Pulau Sebuku, belum menyalurkan karena menunggu pencairan DD tahap 2.

Hal itu dikemukakan Kepala Desa Rampa, M Ilham, kepada Banjarmasinpost.co.id. Menurut dia, sambil menunggu DD tahap 2 cair, pihaknya juga melakukan pendataan penerima. 

"Karena aturannya penyaluran BLT tidak boleh tumpang tindih dengan bantuan yang lainnya. Harus satu saja," pungkas Ilham. 

(Banjarmasinpost.co.id/Helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved