Wabah Corona di Kalsel

GTPP Covid-19 Kabupaten HSU Periksa 30 Orang Terdekat Korban Corona

Warga Kabupaten HSU yang Dimakamkan Sesuai Standar Covid-19, Positif Corona

ISTIMEWA
Perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, Rabu (27/5/2020) pukul 13.00 Wita. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI – Warga Kecamatan Sungai Pandan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, yang telah dimakamkan dengan standar pelaksanaan Covid-19 saat Sabtu (16/05/2020) malam, hasil tes swab-nya dinyatakan positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HSU, dr Agus Fidliansyah, mengatakan kepada Banjarmasinpost.co.id, pasien merupakan warga berjenis kelamin laki-laki berusia 57 tahun.

Setelah mendapati hasil rapid test reaktif, Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten HSU langsung melakukan tracking terhadap anggota keluarga dan juga pihak yang pernah kontak langsung dengan pasien.

“Kami sudah melakukan tracking dan rapid test kepada 30 orang terdekat pasien meninggal, tiga di antaranya reaktif dan dilanjutkan dengan swab. Saat ini, ketiga orang tersebut telah melakukan isolasi mandiri,” ujarnya, Rabu (27/5/2020).

Pasien meninggal ini diketahui merupakan seorang pedagang dan tidak melakukan perjalanan keluar daerah. Meski begitu, tim GTPP Covid-19 terus melakukan tracking.

Diketahui sebelumnya warga Kecamatan Sungai Pandan tersebut, sebelum meninggal, memeriksakan kesehatan ke Puskesmas Alabio karena karena demam.

Tim Evaluasi Covid-19 di HSU, Temukan Fakta Hampir Tidak Ada Warga Pakai Masker, Rekomendasinya Ini

Tim Gugus Tugas HSU Komitmen Tangani Covid-19

Cegah Covid-19, BPBD HSU Gelar Penyemprotan di Fasilitas Umum

Bocah Usia 7 Tahun Diduga Tenggelam di Jembatan Besar Karias HSU, Pencarian Masih Dilakukan

Pihak Puskesmas melakukan perawatan dan saat dilakukan pengecekan yang bersangkutan tidak ada melakukan perjalanan luar daerah.

Karena kondisi sempat memburuk, dengan bertambah gejala sesak napas, pihak Puskesmas Alabio merujuk ke RSUD Pambalah Batung Amuntai. 

Sehari perawatan, langsung dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif. Dinaikkan statusnya menjadi PDP. Dan pemeriksaan dilanjutkan dengan swab yang sudah dikirim ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL) Banjarbaru.

“Karena pasien masuk kategori PDP dengan gejala demam dan sesak napas, pemakaman dilakukan dengan protokol Covid-19. Kami memberikan penjelasan kepada pihak keluarga,” ujarnya kala itu.

Data terbaru saat ini yang di update oleh tim gugus tugas Covid-19 Kabupagten HSU, Rabu (27/05/2020) pukul 10.00 Wita,  Orang Dengan Resiko (ODR) berjumlah 2.489 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 12 orang, Orang Tanpa Gejala (OTG) berjumlah 42 orang, Orang Dalam Pengawasan (ODP) nihil, terkonfirmasi positif berjumlah 5 orang dan meninggal 1 orang. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved