Berita Banjarmasin

New Normal? Begini Kata Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina tunggu pemerintah pusat cabut darurat Covid-19 untuk terapkan new normal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

BANJARMASINPOST.CO.ID/ACHMAD MAUDHODY
Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, saat menjelaskan peningkatan grafik kasus Covid-19 di Banjarmasin menunjukkan kinerja GTPP Covid-19 di Banjarmasin, Selasa (26/5/2020). 

Editor:  Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kehidupan normal baru (new normal) diyakini merupakan cara untuk bisa hidup berdampingan dengan Covid-19, tanpa mengorbankan aspek ekonomi dan sosial di masa yang akan datang.

Bagi Wali Kota Banjarmasin, Kalsel, H Ibnu Sina, meskipun jika nantinya Banjarmasin menerapkan new normal, namun persoalan kesehatan bukan berarti dinomorduakan.

Ditegaskan Ibnu, penyelesaian masalah kesehatan masih akan terus menjadi prioritas meski aspek ekonomi dan sosial juga akan menjadi pertimbangan penting dalam menentukan kebijakannya.

Menurut Ibnu, kebiasaan seperti penggunaan masker, rajin mencuci tangan serta perilaku hidup bersih (PHBS) yang sudah dijalankan selama masa tanggap darurat dan PSBB di Kota Banjarmasin, tetap akan dipertahankan.

Tindaklanjuti Arahan Presiden, ini Salah Satu Objek yang Akan Diawasi GTPP Covid-19 Banjarmasin

Minus Jakarta, 25 Daerah Ini Siap Terapkan New Normal, dari Pekanbaru, Banjarmasin hingga Batola

"Hal-hal selama tanggap darurat seperti pakai masker, rajin cuci tangan, PHBS dan sebagainya itu dibiasakan. Artinya mulai sedikit berdamai dengan Covid-19, tapi upaya perbaikan sosial ekonomi mulai dilakukan," kata Ibnu yang juga merupakan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 di Banjarmasin, Rabu (27/5/2020).

Ibnu nyatakan tetap akan menunggu keputusan Pemerintah Pusat dalam hal pencabutan status darurat nasional terkait Covid-19 di Indonesia.

"Kalau dicabut, berarti yang jadi panglima bukan lagi sektor kesehatan. Meski diprioritaskan, tapi juga melihat dampak ekonomi dan sosial," kata Ibnu.

Ditambahkan Juru Bicara GTPP Covid-19 Banjarmasin yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Dr Machli Riyadi, dalam pelaksanaan new normal nantinya tidak akan merubah kinerja Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.

Bansos Covid-19 Tahap II Siap Dibagikan, Khusus Banjarmasin Tengah Ini Rincian per Kelurahan

Covid-19 Meningkat Selama PSBB, Begini Kata Wali Kota Banjarmasin

Menurutnya pihaknya akan terus melakukan penelusuran Covid-19 seperti yang gencar dilakukan saat ini.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved