Ekonomi dan Bisnis

Rental Mobil Harian Turun 80 Persen, Sewa Mobil Perusahaan Tambang Meningkat, Segini Tarif Rentalnya

Bisnis penyewaan atau rental mobil di Kota Banjarmasin salah satu bisnis usaha yang turut tertekan dampak pandemi Covid-19.

Istimewa/Margasana Car Rental
Bisnis rental mobil salah satu usaha yang turut tertekan karena dampak Covid-19 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bisnis penyewaan atau rental mobil di Kota Banjarmasin salah satu bisnis usaha yang turut tertekan dampak pandemi Covid-19.

Diantaranya Margasana Car Rental berlokasi di Jalan Manunggal Banjarmasin yang juga sepi orderan sejak dua bulan lalu.

"Pendapatan untuk unit rental harian turun drastis mencapai 80 persen, namun untuk unit kontrak yang di pertambangan dan perusahaan lainnya Alhamdulillah tetap dan masih jalan, malah ada penambahan," jelas owner Margasana Car Rental Hj Adhe kepada Banjarmasinpost.co.id, Rabu (27/5/2020).

Ditambahkannya, peningkatan permintaan rental dari perusahaan sebanyak 30 persen. Perusahaan tambang umumnya menyewa unit Triton dan bus yang dikontrak selama 3-5 tahun.

Satu Lagi, Warga Kabupaten HSU Dimakamkan Sesuai Protokol Covid-19

Perbatasan Tabalong Ada Posko Screening, Pengendara Suhu di Atas Normal Siap-siap Dirapid Test

UPDATE Arah Kiblat saat Matahari Tepat di Atas Kabah 27 & 28 Mei, Dr Muh: Rashdul Qiblah Global

Pasokan BBM Masih Aman, Pengelola SPBU di Palangkaraya ini Membekali Sopir dengan Surat Keterangan

Setiap tahunnya sebelum terkena pandemi, rata-rata menjelang dan sesudah Ramadan, permintaan rental mobil di tempatnya relatif ramai. Unit yang paling banyak disewa adalan passanger car yakni Avanza dan Innova.

Tarif sewa mobil diakuinya tidak ada perubahan. Toyota Innova Reborn tarif sewa dibanderol Rp 400.000 hingga Rp 550.000. Avanza dan Expander ditarif 250.000 hingga Rp 350.000 per hari.

Sedangkan untuk jenis mobil mewah, seperti Honda CRV sewa per hari dikenakan tarif Rp 1,2 juta, Fortuner Rp 1,5 juta. Unit Accord Rp 2 juta, Camry Rp 2,5 juta, Alphard mulai Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta, serta Land Cruiser dipatok Rp 4 juta hingga Rp 7 juta per hari.

Senada, bisnis inap mobil yang dijalankan Aisyah bertempat di kawasan Bumi Mas Banjarmasin juga sepi permintaan.

"Sejak dua bulan lalu, kami sudah tidak ada permintaan untuk inap mobil. Sementara banting setir ke bisnis jual beli sembako," ungkapnya.

Layanan yang diberikan yakni antar-jemput ke Bandara menggunakan mobil tersebut, selain itu selama berada di luar kota, mobil si pemilik dibersihkan dan dirawat hingga si pemilik kembali ke Banjarmasin.

(Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved