Bumi Sanggam

Tim Pemkab Balangan Cek Kesiapan Pemanfaatan Pasar S Lewan, Ini Harapan Bupati H Ansharuddin

Pemerintah Kabupaten Balangan, tinjau pembangunan Pasar S Lewan di tengah Kota Paringin berdampingan dengan Pasar Tradisional Paringin.

banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Bupati Balangan, Ansharuddin mengecek kesiapan pemanfaatan Pasar S Lewan di Paringin, Balangan 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Pemerintah Kabupaten Balangan, tinjau pembangunan Pasar S Lewan di tengah Kota Paringin berdampingan dengan Pasar Tradisional Paringin, Rabu (27/5/2020).

Bupati Balangan H Ansharuddin memimpin langsung peninjauan tersebut. Ia memastikan progres pembangunan Pasar S Lewan dan lahan parkir mobil yang terlihat sudah ada peningkatan.

Didampingi Kepala Dinas PUPR, Dinas Perdagangan, Dinas Perhubungan, Dinas Perkim, dan Kasatpol PP setempat, Ansharuddin mengecek kesiapan pasar.

"Alhamdulillah pembangunan terlihat sudah rampung, kami ingin pasar baru ini bisa sesegeranya dipergunakan, ya kalau bisa 1 Juni 2020 ini sudah ditempati para pedagang," ujar Ansharuddin.

Dalam waktu dekat, lanjut Ansharuddin, akan mengundang para pedagang yang akan ditempatkan pada bangunan baru Pasar S Lewan tersebut .

"Jadi lapak-lapak pedagang yang dulunya berdiri di sembarang tempat bisa teratur," ucapnya.

Kemudian, tambahnya lagi, lahan parkir yang disiapkan di areal tengah Pasar S Lewan, bisa diisi oleh parkiran mobil dan motor.

Selain itu, direncanakan akan memasang beberapa portal parkir otomatis atau elektrik di beberapa titik untuk akses keluar dan masuk pasar.

"Penerapan portal parkir ini jelas akan menambah rapi parkir di pasar, tidak ada lagi parkir liar di luar lahan yang disediakan. Nantinya juga dijaga dengan baik oleh petugas parkir yang mengatur penataan parkir kendaraan," jelas pimpinan wilayah berjuluk Bumi Sanggam ini.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Balangan, A Fauzi menambahkan, di Pasar S Lewan ini menyediakan 32 toko.

Dimana ke-32 toko ini dibagi dua area.  Area kiri 16 toko diisi pedagang sembako sedangkan area kanan diisi pedagang buah.

Untuk pembangunan pasar ini jelas Fauzi, anggarannya diambil dari Program CSR Perusahaan Adaro Indonesia, PT Saptaindra Sejati Site Admo (PT SIS), PT Pamapersada Nusantara dan PT Buma. Peruntukannya yakni renovasi Pasar S Lewan Paringin.

"Kalau kami lihat dari bangunan, pasar ini sudah dikatakan selesai, tinggal menunggu serah terima aset dari pihak perusahaan kepada Pemkab Balangan," pungkasnya. (aol/*)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved