Berita Banjarmasin

Menuju Kenormalan Baru, Kantor Disdukcapil Banjarmasin Akan Dibuka

Ruangan Disdukcapil Banjarmasin akan disterilkan setiap hari, penambahan petugas lengkap APD, penggunaan satu kursi dan penerapan protokol Copvid-19.

BANJARMASINPOST.CO.ID/KRISTIN JULI SAPUTRI
Suasana Kantor Disdukcapil Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan ( Kalsel ), Kamis (28/5/2020). 

Editor:  Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Terkait new normal atau kenormalan bar, Kepala Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin, Drs H Khairul Saleh M.Si mengatakan akan membuka kembali layanan tatap muka sesuai protokol kesehtan Covid-19.

"Tidak jadi masalah, Disdukcapil siap mengikuti New Normal dan perlengkapan untuk petugas juga sudah disiapkan, " ucapnya  kepada Banjarmasinpost.co.id, Kamis (28/05/2020).

Menanggapi kenormalan baru, dia mengatakan, akan melalukan beberapa hal di antaranya ruangan akan disterilkan setiap hari dengan penyemprotan disinfektan, ada penambahan petugas, penggunaan satu kursi hanya untuk berdua tidak lagi berempat, petugas dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD), masker, dan sarung tangan.

UPDATE CORONA KALSEL: Hari Ini Tambah 116 Positif Covid-19, Terbanyak dari Banjarmasin

Update Covid-19 Kalsel: Ledakan Positif Covid-19 Hasil Tes di Pasar

Sistem pelayanannya yaitu berkas di antar ke petugas, warga diminta untuk duduk menunggu berkas diproses, dan setelah itu warga akan dipanggil oleh petugas apabila berkas sudah selesai diproses.

Khairul juga mengingatkan kepada warga yang nantinya datang ke kantor tidak sesuai peraturan maka mereka tidak akan dilayani.

Warga ia wajibkan untuk mengikuti protokoler kesehatan di tengah pandemi ini, mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum masuk kantor ataupun ketika akan meninggalkan kantor.

Sebagai Kepala Dinas, Khairul akan mempertegas peraturan ketika New Normal nanti. Demi kebaikan dan kesehatan bersama, ia akan memantau secara langsung ketika kenormalan baru diterapkan di Kantor Disdukcapil.

New Normal? Begini Kata Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina Perpanjang Masa Belajar dari Rumah

Khairul juga akan memperketat keadaan di lingkungan Disdukcapil.

"Tidak ada masyarakat yang duduk-duduk di teras kantor setelah menyelesaikan keperluannya. Semua warga nantinya diharuskan kembali ke rumah setelah urusannya selesai. Parkiran akan diatur sedemikian rupa sehingga tidak terjadi perkumpulan orang banyak, " tuturnya.

Bagi masyarakat yang merasa khawatir untuk melakukan pelayanan tatap muka, Khairil katakan, tidak perlu bingung karena pelayanan online via whatsapp akan terus berjalan beriringan dengan pelayanan tatap muka.

Drs. H. Khairul Saleh, M.Si., Kepala Disdukcapil Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (28/5/2020).
Drs. H. Khairul Saleh, M.Si., Kepala Disdukcapil Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (28/5/2020). (BANJARMASINPOST.CO.ID/KRISTIN JULI SAPUTRI)

Hal ini ia lakukan karena ia merasa tidak semua masyarakat berani keluar rumah di tengah pandemi ini.

VIDEO Petugas Sambangi Pasar Antasari Banjarnasin Sosialisasikan Ini

Pengamanan Protokol Covid-19, Petugas ke Pasar Kesatrian Banjarmasin

"Untuk memudahkan mereka yang tidak berani keluar rumah maka pelayanan online tetap kami jalankan. Jadi masyarakat tetap dapat menggunakan pelayanan online sesuai jam operasionalnya, " tandasnya.

Persiapan untuk menghadali New Normal, Kantor Disdukcapil sudah menyiapkan APD sebanyak 20 lebih APD. Ia harapkan agar nantinya dapat digunakan dengan sebaik mungkin oleh para petugas.

(Banjarmasinpost.co.id/Kristin Juli Saputri)

Penulis: Kristin Juli Saputri
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved