Berita Tanahbumbu

Pelabuhan Feri Batulicin Kabupaten Tanahbumbu Lengang

Sejak masa pandemi Covid-19, jumlah penumpang penyebrangan Batulicin Kabupaten Tanbu ke Tanjung Serdang Kabupaten Kotabaru turun drastis.

SUGENG UNTUK BPOST GROUP
Lengang, kondisi di portal pelabuhan feri Batulicin, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, sepi penumpang maupun pengendara, Kamis (28/5/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Pelabuhan penyebrangan Angkutan Sungai Danau Penyebrangan (ASDP) Batulicin, Kabupaten Tanahbumbu (Tanbu), Kalsel, lengang meski dalam suasana Lebaran.

Tak ada lagi penumpukan penumpang sejak dua bulan terakhir. Sejak masa pandemi Covid-19, jumlah penumpang penyeberangan Batulicin Kabupaten Tanbu ke Tanjung Serdang Kabupaten Kotabaru turun drastis.

Ini menunjukkan, angka penumpang Kotabaru Batulicin yang biasanya ramai melakukan aktivitasnya, tak lagi seperti biasanya. Jarang sekali ada penumpang yang menyebrang.

Bahkan pada Hari Lebaran pertama dan kedua biasanya selalu terjadi antrian panjang, kini tahun ini tak lagi terlihat. Tak ada antrian panjang untuk bersilaturahmi ke keluarga yang ada di Tanahbumbu maupun Kotabaru.

Misalnya saja, penumpang yang satu ini yang hendak ke Lontar Kotabaru dari Batulicin, mengakui kondisi dalam kapal sangat sepi penumpang. Banyak kursi kosong dan tempat kendaran lengang.

BLT Dana Desa Bulan April Sudah Tersalurkan ke Semua Desa di Tanbu

Rumah Sakit Kabupaten Tanbu Minta Ventilator dan Sejahterakan Tenaga Medis

Tim Gabungan Polres Tanbu dan PM Patroli Besar-besaran, Banyak Pengendara Kena Tegur

Tim Urkes Polres Tanahbumbu Cek Kesehatan Petugas Posko

"Sepi, hanya ada beberapa orang saja di kapal. Sepi sekali," katanya kepada Banjarmasinpost.co.id, Kamis (28/5/2020).

Terpisah, General Manager PT ASDP Cabang Batulicin, Sugeng Purwono, mengakui keadaan saat ini sepi penumpang dampak dari Covid-19 yang membuat masyarakat sadar dengan kondisi bahaya virus ini. Akibatnya, mereka lebih memilih berdiam diri di rumah.

"Sepi, hari pertama dan kedua Lebaran pun sangat sepi, apalagi hari biasa seperti ini," kata Sugeng.

Sugeng juga mengatakan, untuk penumpang umum, memang alami penurunan drastis hingga diatas 50 persen. Hanya kendaraan logistik yang banyak diangkut dibandingkan penumpang umum yang hampir tidak ada.

"Meski begitu, tak ada pengurangan trip lagi, masih tetap 10 trip per kapalnya," katanya.

(Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved