Bumi Sanggam

150 Desa di Balangan Sudah Salurkan BLT Dana Desa untuk Warga Terdampak Covid-19

Penyaluran BLT Dana Desa untuk Keluarga Penerima Manfaat di Balangan sudah hampir 100 persen

Humpro Balangan
Bupati Balangan, Ansharuddin secara langsung menyerahkan BLT Dana Desa kepada warga Desa Kasai, Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan, Kalsel yang terdampak Covid-19 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Penyaluran Bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD), untuk Kepala Keluarga atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan sudah hampir 100 persen.

Data terakhir, dari 154 desa yang ada 150 di antaranya sudah melakukan penyaluran BLT DD tersebut. Diperkirakan dalam seminggu seluruh desa sudah menyalurkan BLT DD nya.

Kepala Bidang Keuangan dan Aset Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Balangan, Andi Firmansyah mengatakan, meski ada beberapa kendala seperti pencocokan data dan sebagainya, namun secara keseluruhan penyaluran BLT DD berjalan lancar dan sesuai aturan yang ada.

“Sesuai data kita, sudah ada 150 desa yang menyalurkan BLT DD nya, jadi tinggal empat desa lagi yang belum dan perkiraan dalam minggu ini sudah akan tersalurkan,” ujar dia, di Paringin, Jumat (29/5/2020).

BLT DD ini, menurut Andi, sesuai petunjuk yang berasal dari kebijakkan Kementerian Desa (Kemendes) No.06/2020 Tentang Perubahan atas Permendes No.11/2019 tentang Prioritas Dana Desa, dimana Mei ini sudah mulai disalurkannya BLT DD tersebut.

Bantuan BLT DD diberikan oleh Pemerintah Pusat untuk warga miskin terdampak Covid-19 dan bukan warga yang sudah mendapatkan bantuan dari APBD atau APBN.

Sebagaimana program keluarga harapan (PKH), Bantuan pangan non tunai (BPNT), Bantuan sosial pangan (BSP) maupun bantuan pra kerja bagi karyawan atau buruh.

Mekanisme penetapan penerima BLT DD ini jelas Andi, dari Pemerintah Desa melalui Kepala Desa menerbitkan surat tugas untuk melakukan pendataan kepada masyarakat.

Surat tugas idealnya ditujukan kepada Ketua RT, karena Ketua RT dianggap lebih memahami kondisi masyarakat yang berhak menerima.

Halaman
12
Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved