Berita Hulu Sungai Utara

RSUD Pambalah Batung Kabupaten HSU Sudah Siap Tangani Pasien Covid-19

Kesiapan RSUD Pambalah Batung Kabupaten HSU sebagai rumah sakit rujukan untuk mengefisienkan penanganan pasien kasus Covid-19 di kawasan hulu sungai.

BANJARMASINPOST.CO.ID/RENI KURNIAWATI
RSUD Pambalah Batung di Kota Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan. 

Editor:  Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel ) telah menetapkan rumah sakit umum daerah menjadi rumah sakit penanganan Covid-19 pada 27 Mei 2020.

Sementara itu, RSUD Pambalah Batung di Kota Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), telah menyiapkan hal tersebut sejak jauh hari. Sehingga, setelah penetapan ini, RSUD Pambalah Batung sudah siap.

Sejak 20 Mei 2020 RSUD Pambalah Batung telah lengkap dalam fasilitas pelayanan kesehatan untuk pasien Covid-19. Sudah pula mengusulkan untuk menjadi rumah sakit yang dapat menangani pasien Covid-19.

Direktur RSUD Pambalah Batung, dr M Yandi Friyandi, mengatakan kepada Banjarmasinpost.co.id, setelah ditetapkan sebagai rumah sakit yang dapat menangani pasien Covid-19 maka fasilitas kesehatan untuk pasien Covid-19 akan dilakukan penambahan.

Dengan ditetapkannya RSUD Pambalah Batung sebagai rumah sakit penanganan Covid-19, maka saat ini rumah sakit memiliki dasar hukum untuk bisa melakukan pengadaan peralatan untuk Covid-19 dan juga bisa mengklaim dalam pembiayaan penanganan Covid-19.

UPDATE CORONA KALSEL: Hari Ini Tambah 116 Positif Covid-19, Terbanyak dari Banjarmasin

Update Covid-19 Kalsel: Ledakan Positif Covid-19 Hasil Tes di Pasar

550 Tenaga Medis di Kabupaten HSU Jalani Rapid Test

Cegah Covid-19, Pemkab HSU Bagikan Lebih 100.000 Masker dan Sediakan Sarana Cuci Tangan

Kapolres HSU Sebut Pencegahan Covid-19 Dilakukan Decara Konsisten

VIDEO 1.270 ASN Kabupaten HSU Jalani Rapid Test, Kali Ini Giliran Pejabat Eselon II

“Kami akan melakukan penambahan ruangan untuk pasien Covid-19 sebagai persiapan penanganan, saat ini fasilitas yang ada adalah ruangan dengan karasitas empat orang pasien yang dilengkapi dengan pendingin ruangan dan juga CCTV untuk melakukan pemantauan aktifitas pasien,” ujarnya.

Adanya CCTV juga meminimalisir kontak langsung antara tenaga medis dan juga pasien, ruangan ini menggunakan eks Poli Mata. Dan saat ini pihak rumah sakit tengah bersiap untuk melakukan penambahan ruangan menggunakan eks Poli THT yang bisa untuk menampung 14 pasien.

“Sehingga total nanti dapat menangani 18 pasien Covid-19, dengan fasilitas sesuai standar yang telah diatur, meskipun berharap jumlah Pasien Covid 19 di HSU tidak bertambah namun kami tetap melakukan persiapan,” ujarnya.

Penambahan ruangan ini juga masih menggunakan jalan khusus untuk menuju ruang perawatan, sehingga selain petugas medis khusus menangani Covid-19 tidak melewati jalan tersebut.

Halaman
12
Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved