Berita Banjarmasin

Penerapan PSBK, Warga di Banjarmasin Ini Sepakat Gembok Pagar Gang

PSBB berakhir di Banjarmasin dilanjut dengan PSBK yang tujuannya tetap sama, mencegah penyebaran Covid-19.

BANJARMASINPOST.CO.ID/DANTI AYU
Penutupan gerbang di Gang Sido Mulyo RT 23, Kelurahan Telaga Biru, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (30/5/2020). 

Editor:  Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sesuai jadwal, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Banjarmasin untuk tahap tiga berakhir pada Minggu (31/5/2020).

PSBB yang berlangsung sejak Jumat (22/5/2020) itu rencananya dilanjutkan Pembatasan Sosial Berskala Kecil (PSBK) di tingkat kelurahan dan di bawahnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Banjarmasin yang juga Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin, Machli Riyadi, Sabtu (30/5/2020), menyatakan, meski akan ada transisi antara PSBB dan PSBK, protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan semua pihak.

Meski perkantoran, sekolah, tempat usaha dan yang lainnya diperkenankan beroperasi, semua harus menerapkan protokol pencegahan Covid-19 seperti menjaga jarak, mengenakan masker, sering mencuci tangan dan melaksanakan pola hidup sehat.

VIDEO Kondisi Taman Satwa Banjarmasin Setelah Tutup Tak Terima Pengunjung

Ketika Warga di Sungai Lulut Banjarmasin Ini Terapkan PSBK

“Di PSBK, garda terdepannya adalah masyarakat. Jika di rukun tetangga, kompleks dan perumahan ketat menerapkannya, maka tugas dan beban tenaga kesehatan akan jauh lebih ringan,” kata Machli.

Kendati demikian, Machli menyatakan hal tersebut tidak akan mengubah kinerja Dinkes Banjarmasin. Pihaknya masih akan fokus menangani Covid-19 dan terus melakukan penelusuran.

Tanpa menunggu aba-aba dari Pemko Banjarmasin, warga Kompleks Mahligai Permai RT 28 Kelurahan Sungailulut Kecamatan Banjarmasin Timur telah mulai memberlakukan PSBK.

Warga menutup akses masuk kompleks pada pukul 21.00-06.00 Wita. Tujuannya membatasi lalu lintas masuk keluar orang.

Selain untuk kenyamanan dan keamanan komplek. Soalnya selama penutupan ruas Jalan A Yani Kilometer 6 pada saat PSBB, kompleks ini menjadi jalur alternatif dari Banjarmasin menuju Kabupaten Banjar.

Ojek Mengaku Hindari Petugas Pos PSBB Banjarmasin karena Ini

Lockdown Mandiri, Warga 3 RT Gang Sidomulyo Banjarmasin Tutup Pintu Masuk

Halaman
123
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved