Berita Banjarmasin

Sukses Menuju New Normal, Rifqinizamy : Syaratnya Indonesia Harus Lakukan Ini

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR-RI, Rifqinizamy Karsayuda mengatakan new normal harus bisa dilaksanakan secara sistematis dan menyeluruh

istimewa
Anggota Komisi V DPR RI, Rifqinizamy Karsayuda. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Cepatnya penyebaran Covid-19 dan belum tersedianya vaksin untuk virus asal Wuhan, Cina ini membuat para ahli sulit untuk memprediksi kapan pandemi Covid-19 akan berakhir.

Hal ini menimbulkan ketidakpastian yang dirasakan secara global tak terkecuali di Indonesia. Parahnya, kondisi ini berdampak besar pada sektor ekonomi, sosial bahkan politik.

Ketidakpastian tersebut membuat Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR-RI, Rifqinizamy Karsayuda khawatir akan ketahanan ekonomi, sosial dan politik di Indonesia.

"Fondasi ekonomi, sosial, bahkan politik akan terus merapuh jika kita tidak bangkit di tengah segala ketidakpastiaan ini," kata Rifqi.

Panduan Lengkap New Normal di Tempat Ibadah, Berkegiatan di Masjid, Gereja dll Dibolehkan Lagi

Wanti-wanti Pakar Epidemiologi Jika Mal Buka saat New Normal, Ingatkan Ini ke Masyarkat

Rencana New Normal Diberlakukan di Banjarmasin, Masker Jenis ini Jadi Incaran

Karena itu, pelaksanaan tatanan kehidupan baru atau yang sering disebut dengan istilah new normal harus bisa dilaksanakan secara sistematis dan menyeluruh oleh seluruh elemen.

Gotong-royong dinilai Rifqi menjadi kunci utama jika Indonesia ingin sukses menerapkan konsep new normal dengan tujuan membangkitkan dan menggerakkan kembali roda ekonomi lalu memperbaiki aspek sosial serta politik yang tak dipungkiri ikut terpengaruh situasi pandemi.

Gotong-royong dari semua elemen harus bisa dilakukan untuk mewujudkan pelaksanaan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan membatasi kegiatan-kegiatan sosial yang bersifat kerumunan dalam aktivitas keseharian sambil tetap menjalankan aktivitas perekonomian.

Pemerintah baik di institusi eksekutif, legislatif dan penyelenggara negara lainnya di tingkat pusat hingga di daerah menurut Legislator Dapil Kalsel I ini juga harus sepaham dan seirama membimbing masyarakat untuk bergotong-royong bertransisi menuju new normal dengan benar dan tidak gegabah.

"Karena jika mencoba bangkit tanpa rasa gotong-royong, disiplin, solidaritas dan tetap waspada pada pandemi ini, justru akan menghadirkan bencana yang tak terhindarkan," lanjut Rifqi.

New Normal untuk ASN, Digeber Mulai 5 Juni dan Tetap Patuhi Jam Kerja

Ketua DPRD Kotabaru Dukung New Normal, Imbau Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19

Meski diakuinya bukan hal mudah, namun Rifqi yakin masyarakat Indonesia memiliki soliditas yang sudah terbukti saat melalui masa-masa sulit sebelumnya.

"Saya yakin kita bisa. Bangsa ini telah membuktikan soliditasnya pada berbagai momentum yang kerap dan rentan memecah belah kita. Kini saatnya kita buktikan kembali, jika kita akan terus ada dan bangkit di tengah kondisi seperti ini," kata Rifqi. (banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved