Kalselpedia

Kalselpedia - Pembuatan Masker Kain di Banjarmasin, Diproduksi Sejak 2018

Perajin masker Kriya Ketupa di Banjarmasin mulanya memanfaatkan kain perca dan kain sasirangan yang cacat yang kemudian dibikin jadi masker.

BANJARMASINPOST.CO.ID/MARIANA
Pembuatan masker kain Kriya Katupat di Banjarmasin, ada bentuk menyerupai N95 dan persegi. 

Editor:  Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Masker digunakan untuk menutupi area mulut dan wajah dari debu dan kuman.

Sejak sebelum pandemi Covid-19 merebak, masker kain sudah banyak dijual di pasar maupun toko-toko handycraft di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Di antaranya Elysa, perajin masker kain Kriya Katupat yang berlokasi di Jalan Sungai Baru, Banjarmasin, yang sejak 2018 sudah memproduksi masker kain.

"Saat awal-awal kami hanya memproduksi untuk kapasitas yang sedikit. Mulanya memanfaatkan kain perca dan kain sasirangan yang cacat atau ada kesalahan dalam pembuatan. Dari kain-kain itu dibikinlah masker," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Rencana New Normal Diberlakukan di Banjarmasin, Masker Jenis ini Jadi Incaran

Kenakan Lurik dan Blankon, Kejogja Bagikan 2500 Masker di Kalsel

VIDEO Masker Multifungsi Pilihan Anak Muda Dijual di Tepi Jalan A Yani Banjarmasin

Sejak pandemi Covid-19 menjangkiti Banjarmasin dan sekitarnya, permintaan masker di Kriya Katupat pun meningkat hongga 100 persen.

Elysa mengungkapkan, pihaknya turut mensupport program 100.000 masker dari Dinas Perindustrian Kalimantan Selatan (Kalsel). Ia dan rekan-rekan mendapatkan pesanan 15.000 masker yang diselesaikan dalam kurun waktu 10 hari.

Selain itu ia juga mendapatkan orderan dari komunitas-komunitas di Banjarmasin, serta melayani pembelian eceran dari masyarakat.

Ada tiga jenis masker yang diproduksi yakni, masker satu lapis kain ditarif Rp 7.000, dua lapis kain Rp 10.000, dan tiga lapis kain dibanderol Rp 15.000 per pcs.

Berdasarkan bentuk masker, ia membuat dua jenis yakni jenis persegi dan jenis N95. Dua jenis masker ini dibuat sesuai kebutuhan dan permintaan dari masyarakat. Masker favorit customer yakni jenis N95.

(Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved