BPost Cetak

Refleksi Hari Lahir Pancasila, Berkontemplasi tentang Pancasila

Setidaknya ada tiga dimensi waktu bersejarah yang berkaitan dengan hari lahir Pancasila, yaitu tanggal 1 Juni 1945, 22 Juni 1945 dan 18 Agustus 1945

Tribunkaltim.co/Arief Zulkifli
Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020 

Oleh : Sari Oktarina, M.Pd, Kepala SMAN 11 Banjarmasin/Ketua MGMP Sejarah SMA Prov Kalsel

BANJARMASINPOST.CO.ID - Setidaknya ada tiga dimensi waktu bersejarah yang berkaitan dengan hari lahir Pancasila, yaitu tanggal 1 Juni 1945, 22 Juni 1945 dan 18 Agustus 1945.

Walaupun demikian, selama masa pemerintahan Presiden Soeharto, hari lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni. Setelah Reformasi 1998, muncul banyak gugatan tentang hari lahir Pancasila yang sebenarnya.

Dengan munculnya Keppres Nomor 24 tahun 2016, maka kontroversi itu secara administratif telah selesai.

Tiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahir Pancasila dan dinyatakan sebagai hari libur secara nasional.

Pada tataran sejarah, dapat dilacak keberadaan Pancasila ini tatkala Jepang semakin terdesak dalam Perang Dunia II, Pemerintah Pendudukan Bala Tentara Jepang di Jawa melalui Saiko Syikikan Kumakici Harada mengumumkan secara resmi berdirinya BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) pada 1 Maret 1945.

Pengangkatan pengurus BPUPKI diumumkan pada 29 April 1945, Dr KRT Rajiman Widyodiningrat ditunjuk sebagai Ketua. Ir Soekarno yang saat itu sudah menjadi tokoh pergerakan kemerdekaan terkemuka menyetujui pengangkatan tersebut karena menganggap bahwa dengan menjadi anggota, Ir Soekarno sendiri akan lebih leluasa bergerak.

BPUPKI terdiri dari dua bagian, yaitu Bagian Perundingan yang diketuai oleh Rajiman dan Bagian Tata Usaha yang diketuai oleh R.P. Suroso dengan wakil MR. AG. Pringgodigdo.

Sejarah berlanjut, tanggal 1 Juni 1945 adalah tanggal ketika kata “Pancasila” pertama kali diucapkan oleh Ir Soekarno (saat itu belum diangkat menjadi Presiden RI) pada saat sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

Kata “Pancasila” kemudian muncul kembali dalam naskah yang disusun oleh Panitia 9 yaitu Piagam Jakarta yang bertanggal 22 Juni 1945.

Halaman
1234
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved