Berita Banjarmasin

MA Al-Istiqamah Banjarmasin Buka PPDB Online, Kepsek Sebut Kendalanya

Kesulitan PPDB online MA Al-Istiqamah Banjarmasin dialami warga karena gagap teknologi dan sulit mengakses ke aplikasi pesan singkat.

BANJARMASINPOST.CO.ID/AHMAD RAHMAN
Madrasah Aliyah (MA) Al-Istiqamah di jalan Pemurus Baru, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, Kalsel, Rabu (3/6/2020). 

Editor:  Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Selama penyebaran pandemi Covid-19, Madrasah Aliyah (MA) Al-Istiqamah di jalan Pemurus Baru, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, Kalsel, membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) melalui online.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pendaftaran dilakukan dengan manual, yakni wali murid datang ke sekolah guna mengisi data yang diperlukan beserta dokumen pendukung.

Sedangkan cara online sekarang, bukan tanpa kendala. Wali murid merasakan kesulitan ketika akan mendaftarkan anaknya.

Menurut Kepala MA Al-Istiqamah Banjarmasin, Zainal Ilmi, SAg, MPd, Rabu (3/6/2020) terdapat dua kendala selama pendaftaran siswa baru di sekolahnya.

Pertama, kendala yang dialami selama pendaftaran, yaitu wali murid kurang mengetahui tentang pendaftaran melalui online.

Cerita Guru, Wali Murid di Banjarmasin Tak Tahu Email untuk Ikuti PPDB

PPDB SMPN Online di Banjarmasin, Siswa Diperbolehkan Mendaftar Lintas Kecamatan, ini Maksudnya

Cegah Kerumunan, Disdik Banjarmasin Lakukan PPDB Online

PPDB di Banjarmasin Digelar Daring, Begini Pembagian Kuota dan Jadwalnya

PPDB SMA di Kalsel Wajib Berlangsung Online, Simak Penjelasannya

"Kendala yang utama itu kadang-kadang wali murid masih gaptek," ujarnya

Kendala yang kedua, pihaknya memberikan link pendaftran melalui via aplikasi WhatsApp. Link tersebut setelah di klik, tidak muncul di aplikasi pencarian.

Kemudian, pihaknya mengarahkan untuk meng-update aplikasi pencarian dan disarankan untuk mengecek handphone dari wali murid tersebut.

"Link itu masuk ke WhatsApp, kemudian klik di linknya itu kadang-kadang tidak mau muncul. Kemudian wali murid menelpon bagaimana caranya. Akhirnya kami memberi saran-saran, meng-update aplikasi chroom dan sebagainya," ucap Zainal  kepada Banjarmasinpost.co.id.

Ia menambahkan apabila masih terkendala pihaknya menganjurkan untuk datang langsung ke Kantor MA Al-Istiqamah.

Kemudian, wali murid menginput data-data yang diperlukan ke komputer yang telah disediakan dan juga membawa berkas pendukung.

Kepala Madrasah Aliyah (MA) Al-Istiqamah Banjarmasin, Zainal Ilmi, SAg, MPd, Rabu (3/6/2020).
Kepala Madrasah Aliyah (MA) Al-Istiqamah Banjarmasin, Zainal Ilmi, SAg, MPd, Rabu (3/6/2020). (BANJARMASINPOST.CO.ID/AHMAD RAHMAN)

Lebih lanjut, bagi wali murid yang datang langsung ke kantor MA Al- Istiqama, tetap harus mematuhi protokol kesehatan,  di antaranya mengenakan masker dan mencuci tangan.

(Banjarmasinpost.co.id/Ahmad Rahman)

Penulis: Ahmad Rahman
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved