Berita Banjarmasin

Pascalebaran, Transaksi Gadai Emas di Kalsel Meningkat

Pascalebaran sekaligus masih dalam kondisi pandemi Covid-19, transaksi gadai di Kalimantan Selatan (Kalsel) meningkat cukup signifikan.

banjarmasinpost.co.id/mariana
Transaksi gadai emas di Pegadaian cabang Banjarmasin. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pascalebaran sekaligus masih dalam kondisi pandemi Covid-19, transaksi gadai di Kalimantan Selatan (Kalsel) meningkat cukup signifikan.

Di Pegadaian area Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng), terjadi peningkatan gadai sekitar 11,8 persen month to month (mtm).

Vice President Pegadaian area Kalselteng, Ade Harsono menerangkan, transaksi gadai mendominasi seluruh transaksi yang ada di Pegadaian sejak Januari 2020.

"Hingga Mei 2020, total penyaluran kredit kepada masyarakat di Pegadaian area Kalselteng mencapai Rp 713 miliar. Dari total tersebut 95 persen didominasi transaksi jaminan barang atau gadai," jelas Ade Harsono kepada Banjarmasinpost.co.id, Kamis (4/6/2020).

Gadai Emas di Pegadaian, Nasabah Langsung Dapat Porsi Haji, Didaftarkan ke Kemenag

Apa Untungnya Gadai Emas?

Gadai Emas Juga Bisa di Bank Syariah

Barang jaminan yang digunakan sebagian besar adalah emas, sisanya BPKB kendaraan bermotor dan barang lainnya.

Diakuinya, setelah Lebaran tren kecenderungan gadai emas selalu meningkat. Terutama selama pandemi Covid-19, kebutuhan sehari-hari dan keperluan lainnya turut meningkat.

"Biasanya saat Ramadan banyak yang nebus, tapi saat ini karena pandemi banyak yang perpanjang tenor gadai, transaksi gadai juga meningkat selama Ramadan," imbuhnya.

Ia menambahkan, perpanjangan tenor gadai tidak ada batasan waktu. Nasabah bisa lakukan perpanjangan gadai dengan membayar bunga gadai sesuai kesepakatan.

Transaksi lainnya juga catatkan pertumbuhan positif selama pandemi. Produk investasi emas yakni investasi emas mulia meningkat 5 persen, dan tabungan emas naik sekitar 10 persen.

Halaman
12
Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved