Breaking News:

Berita Balangan

VIDEO Masjid Al Akbar Gelar Salat Jumat, Terapkan Protokol Kesehatan

Masjid Al Akbar menggelar salat jumat pasca hampir dua bulan tidak menggelarnya.

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Ratusan jamaah  nampak antusias mengikuti salat Jumat setelah hampir dua bulan Masjid Al Akbar tak menggelar salat Jumat secara terbuka.

Pelaksanaan ibadah Sholat Jumat di Al Akbar tak lepas dari protokol kesehatan.

Di Masjid Al Akbar, tepat di halamannya, sejumlah TNI, Polri, Satpol PP dan tenaga medis melakukan pemeriksaan disiplin protokol kesehatan.

Mereka memeriksa suhu tubuh jamaah yang hendak masuk masjid, serta memberikan masker dan alas sholat bagi mereka yang tidak membawa sajadah secara pribadi, Jumat (5/6/2020).

Kembali Gelar Salat Jumat, Begini Protokol Kesehatan Diterapkan di Masjid Al Akbar Balangan

Sosok ini Berperan Penting dalam Pembangunan Masjid Al Akbar Balangan

Gelar Salat Jumat, Pengurus Masjid Agung di Kotabaru Ini Harapkan Bantuan Thermo Gun

Jamaah yang berhadir diprediksi lebih dari 300 orang. Adapun sistem shaf yakni berjarak sekitar satu meter setiap orang. Sebagian jamaah juga berada di pelataran masjid untuk ikut Sholat Jumat tersebut.

Sebagai masjid percontohan, Masjid Al Akbar menerapkan protokol kesehatan hingga ketersediaan sajadah. Sebelumnya, sajadah di masjid tersebut juga telah dibersihkan dan dilakukan penyemprotan disinfektan.

Pada Sholat Jumat yang bisa dikatakan perdana di tengah pandemi ini, berperan menjadi khatib sekaligus imam ialah Syahruddin, Kepala KUA Paringin. Adapun muadzin adalah Ustadz Junaidi.

Bupati Balangan, Ansharuddin, Dandim 1001/ Amuntai-Balangan, Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi dan Kepala Kemenag Balangan, H M Yamani serta jajaran pengelola masjid dan sejumlah Kepala SKPD di lingkup Pemerintahan Balangan turut ikut Jumatan di Masjid Al Akbar.

Masjid Jami Sungai Jingah Dibuka untuk Salat Jumat, Begini Antusiasnya Jemaah

Bahkan dalam sambutannya, Ansharuddin menyampaikan kegembiraannya karena telah bisa kembali menggelar ibadah Sholat Jumat sejak tujuh kali tak menjalankan mengikuti dari anjuran MUI Pusat.

"Berdasarkan surat permohonan dari panitia Masjid Al Akbar bahwa mereka siap melaksanakan ibadah, dan sudah disiapkan segala sesuatunya sebagaimana protokol kesehatan yang berlaku," ucap Ansharuddin.

 (Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved