Wisata Perkantoran Pemprov Kalsel

Kesejukan dan Kedamaian di Hutan Kota Perkantoran Pemprov Kalsel

Berwisata di kawasan Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru bisa sekalian mengunjungi hutan kota untuk menikmati suasana sekalian bisa mengenal jenis pohon

BANJARMASINPOST.CO.ID/ALPRI WIDIANJONO
Miniatur hutan hujan tropis di kawasan gubernuran atau perkantoran Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Satu lagi destinasi wisata yang baru hadir, letaknya di kawasan Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Kota Banjarbaru.

Apalagi, kalau bukan Hutan Kota yang lokasinya tak jauh dari perkantoran Pemprov Kalsel.

Sebagaimana dinyatakan pihak Pemprov Kalsel di media beberapa waktu lalu, Hutan Kota atau Forest City adalah kota yang berdimensi hutan.

Hingga 2019 lalu, sudah dilakukan penanaman pohon di area seluas 80 hektare. Tahun 2020 ini rencananya dilakukan penanaman pohon di lahan seluas 1.000 hektare untuk forest city.

Di kawasan hutan buatan itu juga dibangun beberapa fasilitas, antara lain bangunan Tourism Information Center atau tempat informasi bagi wisatawan sehingga bisa lebih banyak tahu tentang tanaman di sana dan forest city.

Mau Refresh? Gampang, Banyak Jalan Menuju Gubernuran Kalsel

Senangnya Berpeluh Keringat Keliling Bundaran Gubernuran Kalsel

VIDEO Berwisata di Komplek Perkantoran Pemprov Kalsel

Tersedia Aneka Jajanan Rakyat bagi Pengunjung Gubernuran Kalsel

Di depan area parkir ada sejumlah tempat cuci tangan sebagai protokol kesehatan. Adapula peta kawasan dan foto-foto progres pembangunan hutan kota.

Ribuan bibit kayu ulin dan meranti yang ditanam di sana terlihat terus menunjukan perkembangan yang signifikan. Ini tentunya sebagai upaya pelestarian kekayaan hutan Kalimantan yang sempat dikhawatirkan punah tanpa bekas.

Ilham, warga Sungai Rancah, Banjarbaru, saat PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) beberapa waktu lalu, kawasan yang terus dikembangkan ini sempat ditutup bagi pengunjung.

"Di situ memang nyaman, suasananya segar dan damai. Ada sejumlah gazebo tempat pengunjung bersantai di antara rerindangan pohon. Juga ada jalan beton untuk melihat-lihat tanaman," ungkapnya.

Kawasan hutan kota ini juga tengah dikembangkan dengan membuat taman di bundaran arah ke Masjid Agung. Dekat situ juga ada proyek embung.

"Kalau ini sudah jadi semua, dipastikan menjadi tempat wisata alam yang menyenangkan dan mengedukasi karena kita bisa belajar aneka tanaman," tandasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved