Tajuk

Saatnya Selebrasi

big match berlabel Revierderby antara Dortmund lawan Schalke itu, tanpa kehadiran penonton

BANJARMASINPOST.CO.ID - SETELAH disetop sejak pertengahan Maret lalu, pertandingan sepak bola liga-liga top Eropa, kembali digulirkan. Diawali Bundesliga atau Liga Jerman pada Sabtu (23/5) lalu. Namun ada yang berbeda dan terasa agak aneh. Sebab big match berlabel Revierderby antara Dortmund lawan Schalke itu, tanpa kehadiran penonton. Stadion Signal Iduna Park yang berkapasitas 81 ribu tempat duduk, kosong melompong. Sampai-sampai teriakan pemain dan pelatih terdengar jelas.

Bisa dimaklumi, karena partai pekan ke-27 dan seterusnya itu menerapkan protokol Covid-19. Apalagi stadion sepakbola terbesar di Jerman itu, sempat disulap sebagian areanya menjadi rumah sakit darurat untuk merawat para pasien terpapar virus corona.

Namun pekan berikutnya, ada perubahan pada laga yang ditayangkan lewat siaran langsung televisi tersebut. Kali itu suasana di lapangan lebih meriah. Penyebabnya ada suara riuh penonton ketika terjadi insiden di lapangan. Mulai dari pelanggaran pemain, pemberian kartu kuning atau merah dari wasit hingga perayaan seusai terjadi gol. Walaupun cuma suara isian atau dubbing, tetapi hal itu setidaknya membuat suasana lebih hidup.

Akhir pekan ini, pentas si kulit bundar bakal makin seru. Itu karena dilanjutkannya Liga Spanyol diikuti Copa Italia (Piala Italia). Pekan ke-28 La Liga telah dimulai saat Sevilla melibas Real Betis, 2-0, Jumat (12/6) dini hari waktu Indonesia.

Tak mau kalah oleh Bundesliga, suasana di Estadio R Sanchez Pizjuan terlihat semarak oleh ‘penonton’ yang lebih banyak, tak hanya berada di belakang gawang. Selain itu, tentu saja dubbing suara penonton yang terus terdengar sepanjang 90 menit.

Melihat ini, tinggal menunggu waktu saja para penyelenggara liga lainnya menghadirkan suasana stadion yang menyerupai pertandingan sebelum Covid-19 melanda dunia. Terlebih soal penampakkan secara virtual tak asing di La Liga. Pada tiap jelang kick-off misalnya, terlihat gambar kedua logo klub yang bertanding. Selanjutnya, saat bola ditendang, terlihat lagi gambar sponsor utama dalam hitungan detik.

Bisa jadi terobosan semacam itu bakal dihadirkan oleh FA dan FIGC selaku penyelenggara Premier League alias Liga Inggris dan Serie A Italia. Kedua negara itu akan melanjutkan liga mereka pada Kamis (17/6) dan Sabtu (20/6).

Apapun itu, kini saatnya selebrasi, merayakan gol pemain dan tim kesayangan, dari rumah saja, tentu. (*)

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved