Kesehatan

Cara Menjaga Imunitas Tubuh, Reisa: Minum Air Mineral Delapan Gelas Per Hari

Minum air mineral delapan gelas sehari menjadi salah satu cara menjaga imunitas secara sederhana dengan memastikan tubuh mendapat asupan cairan cukup.

Tribunstyle
Reisa Brotoasmoro 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Salah satu cara menjaga imunitas secara sederhana dengan memastikan tubuh mendapat asupan cairan yang cukup meminum air mineral delapan gelas sehari.

Imbauan ini diingatkan oleh anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro kepada masyarakat supaya terus menjaga daya tahan tubuh atau imunitas selama pandemi Covid-19.

"Sesuai panduan, ingat untuk selalu mengonsumsi air minum sebanyak delapan gelas per hari," kata Reisa di Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu (14/6/2020).

Agar tak lupa pada asupan air mineral, Reisa menyarankan masyarakat membawa tempat minum sendiri jika bepergian.

"Jangan sampai kita kekurangan cairan dan mineral, terutama di musim panas selalu bawalah tempat minum ke manapun kita pergi," ujar dia.

Ditanya Sandiaga Uno, Begini Respons Tak Terduga Lyodra Soal Kutukan Juara 1 Indonesian Idol

Nelayan Rampa Baru Kabupaten Kotabaru Berangsur Tinggalkan Lampara

Pemuda Wuhan Berbobot Badan 279 Kg, Obesitas Mendadak Masa Pandemi, Lima Bulan Naik 101 Kg

Ini Perbedaan Fasilitas Kelas BPJS Kesehatan jelang Penerapan Kelas Standar Oleh Pemerintah

Reisa mengatakan, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan panduan gizi seimbang pada masa Covid-19. Setidaknya, ada tiga hal utama yang harus diperhatikan.

Pertama, makan makanan bergizi seimbang dan mengandung sumber karbohidrat. Jenisnya bisa berupa nasi, jagung, kentang umbi-umbian, dan sagu.

Kedua, sumber protein baik hewani atau nabati seperti tempe, kacang-kacangan, daging, telur, ayam, ikan, dan sejenisnya.

"Karena mereka dapat membantu agar kita dapat mengoptimalkan kinerja sistem daya tahan tubuh kita," ujar Reisa.

Selain itu, penting pula untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang merupakan sumber vitamin dan mineral berfungsi sebagai antioksidan dan vitamin.

Selama masa pandemi Covid-19, yang direkomendasikan adalah vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, E, serta mineral seperti zinc, selenium, magnesium dan zat besi.

Reisa mengingatkan bahwa belum ditemukan obat untuk menyembuhkan Covid-19. Oleh karenanya, menjaga daya tahan tubuh menjadi cara paling efektif untuk menghindari infeksi virus ini.

"Sudah lebih dari 10.000 saudara kita yang sembuh dari penyakit baru ini. Pengakuan dari mereka, para pasien yang sembuh atau survivor pasien Covid-19 mempertahankan porsi dan juga gizi seimbang sangat membantu mereka meningkatkan sistem kekebalan tubuh," kata Reisa. Baca tentang

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Masyarakat Diingatkan Minum 8 Gelas Per Hari untuk Jaga Imunitas"

Editor: Syaiful Akhyar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved