Sport

Di Masa Pandemi Covid-19, Percasi Kalsel Justru Aktif Gelar Kejuaraan Catur Daring

Di saat kejuaraan olahraga lain terkendala Pandemi Covid-19, Percasi Kalsel justru aktif gelar pertandingan catur sistem daring.

istimewa
Ketua Pengprov Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kalsel, M Amin (kiri) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Disaat cabang olahraga lain masih terkendala menggelar kejuaraan karena pandemi Covid-19 atau korona, cabor catur justru sangat rutin menggelar kejuaraan.

Namun kegiatan yang dilakukan tidak langsung tatap muka seperti kejuaraan pada umumnya melainkan melalui daring.

Ketua Pengprov Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kalsel, M Amin mengatakan untuk giat pertandingan catur saat ini hampir semuanya dilaksanakan dengan sistem daring.

Bahkan kata Kepala Balitbangda Kalsel ini Pengprov Percasi Kalsel setiap bulan bisa tiap minggu sudah mengadakan turnamen catur daring perorangan dan beregu se-Kalsel.

Demikian juga Pengcab Kabupaten dan Kota Percasi juga ada juga rutin melaksanakan seperti Pengcab Banjarmasin, Banjarbaru dan Hulu Sungai Utara (HSU).

Soal skema pertandingan hampir semua pertandingan adalah catur cepat, tiga menit , lima menit atau tujuh menitan selesai.

BREAKING NEWS - Aditya Mufti Ariffin Mundur sebagai Calon Wali Kota Banjarbaru

Penjelasan Pengamat Politik Mundurnya Aditya Mufti Ariffin dari Pilwali Banjarbaru

Buru dan Tembak Bekantan hingga Santap Dagingnya, Pria Kapuas Ini Diringkus Polisi

Selain giat di Pengprov Kalsel, pecatur juga rutin mengikuti turnamen catur online diluar diluar daerah baik di Jawa, Sumatera atau Sulawesi, dan lainnya.

"Turnamen daring catur di sejumlah Tanah Air selalu ada setiap harinya," kata Amin.

PB Percasi pun sampai saat ini sudaj melaksanakan lima seri turnamen catur daring nasional, bahkan akan dilanjutkan sampai seri berikutnya.

"Jadi untuk cabor catur pemain kita setiap hari siang dan malam tetap latihan dan bertanding," kata Amin.

Namun bedanya menggunakan teknologi seperti laptop atau gawai android, tidak berhadapan langsung dengan lawan seperti catur biasa.

"Semoga pecatur Kalsel tetap semangat berlatih dan covid 19 segera berakhir. Dan di era new normal olahraga makin berprestasi," kata Amin.

Kabar gembira lainnya kata Amin selain tetap rutin latihan para pecatur yang sebelumnya gagap akan teknologi seperti laptop dan gawai Android kini sudah semakin mahir menggunakan.

"mulai dari junior senior bahkan veteran yang tidak bisa menggunakan laptop atau gawai banyak bertanya dan hingga kini akhirnya mereka bisa," pungkas Amin tertawa.

(Banjarmasin post.co.id/Khairil Rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved