Kalselpedia

Kalselpedia - Ketupat Kandangan Hj Mursinah Banjarmasin Lauknya Haruan Besar

Warung Ketupat Kandangan Hj Mursinah di Banjarmasin selalu disertai lauk ikan haruan ukuran besar sehingga sangat terkenal di kalangan penyuka kuliner

BANJARMASINPOST.CO.ID/KRISTIN JULI SAPUTRI
Menu ketupat kandangan Hj Mursinah di Jalan Cendrawasih Nomor 7 RT 29, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (15/6/2020). 

Editor:Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tetap melestarikan resep yang ada dari generasi ke generasi, Ketupat Kandangan Hj Mursinah, di Jalan Cendrawasih Nomor 7 RT 29, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, ini tetap menggunakan menu utama ketupat dan lauknya ikan haruan besar.

"Iya, kami tetap berusaha menggunakan bahan utama ikan haruan. Sesulit apapun pasti kita berusaha mencari ikan haruannya," ucap M. Taufik, pengelola usaha keluarga Ketupat Kandangan Hj Mursinah, di Jalan Cendrawasih Nomor 7 RT 29, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Senin (15/6/2020).

Turun temurun hingga tiga generasi, cita rasa Ketupat Kandangan Hj. Mursinah memang dikatakan oleh Taufik tak pernah berubah rasa.

Menu yang disediakan juga hanya difokuskan pada ketupat kandangan dengan lauknya ada kepala ikan haruan, jeroan ikan haruan, daging ikan haruan, telur bebek, dan telur asin.

Kalselpedia - Ketupat Kandangan di Banjarmasin Ini Sasaran Pemburu Kuliner

VIDEO Ketupat Kandangan Hj Mursinah di Banjarmasin Legendaris Khas Banjar Sejak 1965

Harganya bervariasi, antara lain satu porsi ketupat kandangan dan lauk kepala ikan haruan harganya Rp 32.000, satu porsi ketupat kandangan dan lauk jeroan ikan haruan harganya Rp 27.000, satu porsi ketupat kandangan dan lauk daging haruan harganya Rp 25.000, satu porsi ketupat kandangan dengan telur bebek atau telur asin dijual dengan harga Rp 17.000.

Ketupat Kandangan biasanya dihidangkan dengan tambahan jeruk peras sebagai penambah rasa, kecap, dan sambal yang memanjakan lidah.

Cara makan, biasanya dengan menghancurkan ketupatnya terlebih dulu, lalu kemudian disantap dengan lauknya.
Uniknya, makanan khas Banjar yang satu ini lebih nikmat jika dimakan menggunakan tangan.

(BanjarmasinPost.co.id/Kristin Juli Saputri)

Penulis: Kristin Juli Saputri
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved