Kalselpedia

VIDEO Ketupat Kandangan Hj Mursinah di Banjarmasin Legendaris Khas Banjar Sejak 1965

Ketupat Kandangan menjadi salah satu makanan khas Banjar, tak heran jika makanan ini menjadi salah satu menu yang wajib di coba oleh masyarakat.

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ketupat Kandangan Hj Mursinah di Banjarmasin menjadi salah satu makanan khas Banjar, tak heran jika makanan ini menjadi salah satu menu yang wajib dicoba oleh masyarakat.

Bagi pemburu kuliner Banua, tentu ingat warung makan Ketupat Kandangan Hj. Mursinah. Warung Ketupat Kandangan Hj Mursinah berlokasi di Jalan Cendrawasih, Nomor 7, RT 29, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Ketupat Kandangan ini buka setiap hari, Senin sampai dengan Minggu, dari pukul 06.00 Wita-14.00 Wita.

NEWSVIDEO, Sebelum TC Ke Jakarta, Atlet Biliar Kalsel Tetap Rutin Latihan Mandiri

Meski lokasinya berada di gang kecil di jembatan Jalan Cendrawasih, namun halaman parkir tersedia cukup luas menampung kendaraan motor ataupun mobil. Namun demikian, jangan dibayangkan kalau tempat Ketupat Hj Mursinah ini yang berkelas atau yang wah.

Sebaliknya, tempatnya lebih pas sebut warung di lingkungan alami yg asri. Nuansa hijau pohon dan tanaman pekarangan yang asri, tempat makan yang terhampar terbuka di teras rumah dan semilir angin, makin melengkapi suasana nikmat menyantap ketupat ini sambil bersantai bersama kerabat keluarga.

Tetap melestarikan resep yang ada dari generasi ke generasi, Ketupat Kandangan ini tetap menggunakan menu utama ketupat dengan ikan haruan besar.

NEWSVIDEO Pemko Banjarbaru Memutuskan Untuk Memperpanjang Masa Berlaku PKM, Ini Alasannya

"Iya kami tetap berusaha menggunakan bahan utama ikan haruan. Sesulit apapun pasti kita berusaha mencari ikan haruannya, " ucap M. Taufik, Pengelola Usaha Keluarga Ketupat Kandangan Hj. Mursinah, Senin (15/6/2020).

Turun temurun hingga tiga generasi, cita rasa Ketupat Kandangan Hj. Mursinah memang dikatakan oleh Taufik tak pernah berubah rasa. Menu yang disediakan juga hanya difokuskan pada ketupat kandangan dengan lauknya ada kepala ikan haruan, jeroan ikan haruan, daging ikan haruan, telur bebek, dan telur asin.

Harganya bervariasi antara lain: satu porsi ketupat kandangan dan lauk kepala ikan haruan harganya Rp 32 ribu, satu porsi ketupat kandangan dan lauk jeroan ikan haruan harganya Rp 27 ribu, satu porsi ketupat kandangan dan lauk daging haruan harganya Rp 25 ribu, satu porsi ketupat kandangan dengan telur bebek atau telur asin dijual dengan harga Rp 17 ribu.

Ketupat Kandangan biasanya dihidangkan dengan tambahan jeruk sebagai penambah rasa, kecap, dan sambal yang memanjakan lidah.

Penjelasan Pengamat Politik Mundurnya Aditya Mufti Ariffin dari Pilwali Banjarbaru

Cara makan ketupat kandangan yaitu dengan menghancurkan ketupatnya terlebih dahulu lalu kemudian disantap dengan lauknya.

Uniknya, makanan khas Banjar yang satu ini lebih nikmat jika dimakan menggunakan tangan. Selain ketupat kandangan, di sini juga menjual roti pisang khas Banjar yang dijual dengan hargan Rp 2 ribu per biji. (banjarmasinpost.co.id/ Kristin Juli Saputri)

Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved