Breaking News:

Berita Nasional

Jadwal Tahun Akademik Perguruan Tinggi Diumumkan Mendikbud, Nadiem Larang Lakukan Tatap Muka

Jadwal Tahun Akademik Perguruan Tinggi Diumumkan Mendikbud, Nadiem Larang Lakukan Tatap Muka

Editor: Rendy Nicko
Warta Kota/Ricky Martin Wijaya
Nadiem Anwar Makarim (kanan) memberikan keterangan saat berkeliling Kantor Kemendikbud usai serah terima jabatan (sertijab), di Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019). Jadwal Tahun Akademik Perguruan Tinggi Diumumkan Mendikbud, Nadiem Larang Lakukan Tatap Muka 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Berikut ini bahasan tentang Jadwal Tahun Akademik Perguruan Tinggi Diumumkan Mendikbud, Nadiem Makarim Larang Lakukan Tatap Muka

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan pembelajaran di perguruan tinggi pada semua zona masih wajib dilaksanakan secara daring hingga ada kebijakan lebih lanjut.

"Karena keselamatan adalah yang nomor satu, saat ini perguruan tinggi masih melakukan secara online sampai ke depannya mungkin kebijakan berubah. Tapi sampai saat ini belum berubah, jadi masih melakukan secara daring. Itu adalah keputusan dari Kemendikbud saat ini," terang Nadiem dalam konferensi video Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19, Senin (15/6/2020).

Lebih lanjut dijelaskan, meski tahun akademik perguruan tinggi 2020/2021 tetap dimulai pada bulan Agustus 2020 dan tahun akademik pendidikan tinggi keagamaan pada September 2020, namun pembelajarannya masih harus dilakukan secara daring untuk semua zona.

Cara Mudah Cairkan Dana Kartu Prakerja via Gopay, BNI & OVO, Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4?

Cara Aktivasi Promo Telkomsel 5GB Cuma Rp 10, Cek Daftar Paket Internet Murah Juni 2020

Update Jadwal Pencairan Gaji Ke-13 PNS, Pensiunan, TNI dan Polri, Cek Besaran Tunjangan & Gaji Jaksa

Cara Klaim Diskon Listrik Mulai Hari Ini, Pelanggan 900 VA & 1.300 VA Login www.pln.co.id

"Pembelajaran di perguruan tinggi di semua zona masih dilakukan secara daring, masih online, belum belajar tatap muka, belum masuk," papar Nadiem.

Alasan mengapa kampus dilarang untuk tatap muka, menurut Nadiem, universitas memiliki potensi mengadopsi pembelajaran jarak jauh lebih mudah ketimbang pendidikan menengah dan dasar.

Untuk mata kuliah yang tidak dapat dilaksanakan secara daring, Nadiem menyarankan untuk meletakkannya di bagian akhir semester.

Sedangkan untuk sejumlah aktivitas prioritas yang memengaruhi kelulusan mahasiswa, maka pemimpin perguruan tinggi boleh mengizinkan mahasiswa untuk ke kampus.

"Ada yang namanya aktivitas prioritas. Aktivitas prioritas itu adalah yang berhubungan dengan kelulusan mahasiswa yang sulit sekali dilakukan secara daring. Contoh, penelitian di laboratorium untuk skripsi, tesis dan disertasi," terang Nadiem.

Aktivitas serupa yang tak bisa digantikan dengan pembelajaran daring lainnya antara lain tugas laboratorium, praktikum, studio bengkel, dan hal-hal lain yang butuh peralatan dan mesin.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved