Pilkada Kotabaru 2020

24 Juni KPU Kotabaru Mulai Verifikasi Faktual Calon Perseorangan, PPK dan PPS Sudah Terbentuk

KPU Kotabaru pun telah membentuk PPK dan PPS, selanjutnya mulai 24 Juni ini dilakukan verifikasi faktual calon perseorangan.

banjarmasinpost.co.id/Helriansyah
Ketua KPU Kotabaru Zainal Abidin 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Pelaksanaan tahapan Pilkada kembali dibuka 15 Juni tadi. KPU Kotabaru pun telah membentuk PPK dan PPS selanjutnya mulai 24 Juni dilakukan verifikasi faktual calon perseorangan.

Pelantikan PPK dan PPS dilakukan secara Daring (dalam jaringan) atau melalui Video Conference (Vicon) seluruh kecamatan. Kecuali kecamatan Pulaulaut Utara dilakukan tatap muka, namun hanya berapa orang perwakilan. 

"Anggota PPK lengkap lima orang, anggota PPS-nya hanya perwakilan," jelas Ketua KPU Kotabaru Zainal Abidin kepada banjarmasinpost.co.id, Rabu (17/6/2020).

Terbentuk sudah PPK berjumlah 105 dan PPS sebanyak 606 orang tersebar di masing-masing kecamatan (22 kecamatan), selanjutnya pada 24 Juni sampai 12 Juli dilakukan verifikasi faktual calon perseorangan.

Lanjut Zainal, untuk verifikasi ini KPU menyampaikan berkas ke PPS melalui PPK. Namun sebelumnya diberikan bimbingan teknik (Bimtek) kepada PPK dan PPS. 

Polres Balangan Gelar Apel Siaga Karhutla, Kapolres Balangan Periksa Kesiapan Alat

Permintaan Berhubungan Badan Kerap Ditolak, Suami Habisi Istri dengan Kapak Lalu Mencoba Bunuh Diri

Ayo Bergabung Bersama Magister Manajemen FEB ULM, Tingkatkan Manajerial Jadi Pemimpin yang Sukses

Khawatir Muncul Klaster Baru, Masjid Sabilal Muhtadin Kalsel Tiadakan Salat Jumat

Akan tetapi secara umum sudah dapat digambarkan. Verifikasi dilakukan sama dengan verifikasi biasanya, PPS akan mendatangi rumah masing-masing pendukung bakal pasangan calon perseorangan. 

Apabila pendukung tidak bisa didatangi, metode selanjutnya akan ditempuh yakni berkoordinasi dengan tim LO (penghubung) di tingkat kecamatan yang bisa memfasilitasi untuk dilakukan verifikasi terhadap pendukung tersebut. 

"Tapi kalau tetap tidak bisa, akan diminta dihadirkan selama masa verifikasi (24 Juni sampai 12 Juli. Bila tidak bisa juga didatangkan, sementara PPS juga sudah mendatangi maka dinyatakan bisa tidak memenuhi syarat," jelas Zainal kepada banjarmasinpost.co.id.

Selanjutnya, sambung Zainal, setelah tanggal 12 Juli, akan dilakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan terkait hasil verifikasi faktual terhadap pendukung yang dimulai 13 sampai 19 Juli.

"Setelah itu, dua hari kemudian dilanjutkan rekapitulasi di tingkat kabupaten dari tanggal 20 Juli sampai 21 Agutus," urai Zainal. 

"Kalau dinyatakan lolos, tahap selanjutnya diwajibkan mendaftar sebagai bakal pasangan calon. Waktu pendaftaran sama dengan bakal calon dari parpol. Antara tanggal 4 sampai 6 September," pungkas Zainal kepada banjarmasinpost.co.id.

(Banjarmasinpost.co.id/Helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved