Kuliner

VIDEO Maknyusnya Cireng Isi Ayam Suwir Pedas, MUDAH DIBIKIN!

Cireng atau aci digoreng merupakan salah satu makanan tradisional khas Indonesia yang berasal dari Sunda Priangan

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID - Cireng atau aci digoreng merupakan salah satu makanan tradisional khas Indonesia yang berasal dari Sunda Priangan dan mulai terkenal sejak 1980-an silam.

Berbahan dasar tepung kanji atau tapioka, cireng memiliki tekstur yang unik yaitu renyah diluar dan kenyal didalam dengan perpaduan rasa gurih sehingga membuatnya banyak digemari oleh berbagai kalangan.

Selain dihidangkan dengan cara digoreng, cireng juga biasanya disajikan dengan saus cocolan seperti saus rujak, saus sambal, saul kacang, rawit, dan berbagai variasi saus lainnya.

Pada mulanya cireng dibuat dengan cara mencampurkan tepung kanji atau tapioka dengan berbagai bumbu lalu dimasak menggunakan air hingga mengental, namun seiring perkembangan zaman kini muncu berbagai jenis cireng dengan berbagai variasi rasa dan bumbu hingga isian.

Sepi Job Komedian Dede Sunandar Kini Jualan Cireng, Begini Curhatnya Pada Raffi Ahmad

Ahmad Dhani Kalah di Bekasi, Mulan Jameela Jualan Cilok, Cireng dan Seblak

Setelah Cireng, Pengganti Baru Fdj Syah Jualan Kue Puding

Diantaranya seperti cireng isi keju, cireng frozen, cireng isi sosis, cireng isi daging dan berbagai jenis variasi cireng lainya.

Seperti yang dilakukan oleh Nisa warga kecamatan Gambut kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan ini.

Terinspirasi dari media sosial Instagram, Nisa mengembangkan resep cireng menjadi variasi cireng dengan isian ayam suir pedas dengan cocolan saus rujak yang kemudian ia jadikan sebuah bisnis lantaran banyak diminati.

Dibandrol harga Rp 25 ribu perkotak dengan isian 12 buah cireng, setiap harinya Nisa mampu menjual hingga 20 kotak dengan cara menjajakannya via daring.

Berikut resep cireng isi ayam suir pedas saus rujak yang dibagikan:

- Bahan isi cireng:                                                                                                                                                                               Ayam suir yang sudah di rebus saus tiram bawang putih bawang merah cabai kaldu ayam bubuk

- Cara membuat: haluskan semua bumbu tumis hingga harum, tambahkan saus tiram, kemudian masukan ayam suir lalu masak sampai bumbu dengan ayam tercampur rata.

- Bahan kulit cireng: tepung tapioka bawang putih lada bubuk garam gula.

Mulai Dari Menyanyi ke Female Dj, Kini Rhegina Jual Cireng Online

- Cara memasak: Campur bahan jadi satu, tambahkan air secukupnya aduk sampai tercampur rata, kemudian masak dengan api kecil sampai mengental.

- Bahan cocolan: Bawang putih Gula merah Air asam jawa Garam Cabai (kalau suka pedas) Terasi Cara membuat: Haluskan semua bahan lalu tambahkan sedikit air asam jawa dan air biasa. (banjarmasinpost.co.id/danti ayu)

Penulis: Danti Ayu Sekarini
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved