Ekonomi dan Bisnis

Pakar Ekonomi Kerakyatan UGM Sebut Bumdes Wadah Tepat Maksimalkan Ekonomi Kerakyatan

Pakar Ekonomi Kerakyatan & Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, Dr Revrisond Baswir, MBA menilai Bumdes paling tepat maksimalkan ekonomi kerakyatan

net
Ilustrasi Bumdes 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID -  Sesuai UUD 1945 Pasal 33 ayat 1 dan ayat 2 mengenai ekonomi kerakyatan di bidang restorasi gambut, Pakar Ekonomi Kerakyatan & Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, Dr Revrisond Baswir, MBA mengatakan, masyarakat harus menjadi aktor utama dalam memaksimalkan potensi ekonomi di daerahnya.

"Sejalan dengan pemberdayaan ekonomi di lahan gambut, Badan Restorasi Gambut (BRG) dapat memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk mengangkat ekonomi masyarakat desa," jelasnya melalui Webinar bertema Ekonomi Kerakyatan dalam Transformasi Desa Gambut, Jumat (19/6/2020).

Adanya keberadaan Bumdes tersebut, masyarakat khususnya petani di desa dapat terwadahi.

Bumdes sendiri bIsa dibentuk lebih dari satu tergantung potensi suatu desa.

Dinilai Tak Transparan, Warga Sebamban Baru Pertanyakan Pengelolaan Dana CSR oleh BUMdes

VIDEO Produksi Budidaya Selada BUMDes Perintis Raya Tapin Turun

Selada Produksi BUMDes Perintis Raya Tapin Terdampak Covid-19

Bumdes dinilai lebih tepat untuk memasimalkan potensi ekonomi masyarakat dibandingkan koperasi.

Menurutnya, koperasi tidak bisa dikembangkan untuk bidang ini.

"Koperasi akan kehilangan jati dirinya apabila dijadikan untuk program pemerintah bahkan untuk kepentingan politik," imbuhnya.

Selain Revrisond Baswir, dalam Webinar tersebut juga menghadirkan pembicara Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), Drs H Abdul Wahid HK, MM, MSci, Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan BRG RI, Dr Myrna A Safitri, Tim Ahli Mubyarto Institute & Peneliti Pustek UGM, Awan Santosa, SE MSc, dan Tim Ahli Pustek UGM, Dr Laksmi A Savitri, MA Tim Ahli Pustek UGM.

Dalam kuliah daring itu, Bupati HSU, Abdul Wahid menjelaskan mengenai pemberdayaan masyarakat di desa-desa di HSU yang sudah berjalan dan menghasilkan produk-produk lokal unggulan HSU.

Halaman
12
Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved