Kisruh BPJS dan Pemkab Batola

Putus Kerjasama dengan BPJS, Pemkab Batola Siapkan Alternatif ini

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Baritokuala, Samson Msi menjelaskan anggaran Jamkesda di tahun 2019 sekitar Rp 11 miliar

banjarmasinpost.co.id/m tabri
Bupati Batola Hj Normiliyani kekeh meminta BPJS memangkas birokrasi untuk kasus urgen. 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Pemutusan kerja sama yang sebelumnya terjalin antara Pemkab Baritokuala (Batola) dengan BPJS Kesehatan, membuat pihak Pemkab setempat menyiapkan alternatif untuk antisipasi pelayanan kesehatan masyarakat miskin dan tidak mampu, yaitu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Baritokuala, Samson Msi menjelaskan anggaran Jamkesda di tahun 2019 sekitar Rp 11 miliar selama setahun.

Dengan teknis ketika masyarakat yang sakit berobat maka dibiayai.

Kisruh BPJS-Pemkab Batola, Bupati Hj Noormiliyani Kukuh dengan Tuntutan ini

Cara Mudah Belajar dari Rumah TVRI Online, Klik 4 Link Ini, Ada Sahabat Pelangi: Guruku Tersayang

Jadwal & Daftar Daerah yang Dapat Lihat Gerhana Matahari Cincin Minggu 21 Juni 2020

Sedangkan melalui BPJS Kesehatan, setoran untuk pembiayaan selalu dibayar di awal, selanjutnya masyarakat yang memerlukan pengobatan akan dilayani.

Ada perbedaan besaran anggarannya antar kedua layanan ini, untuk BPJS di tahun 2020 ini Samson menyebutkan ada sekitar Rp 14 miliar untuk 10 bulan, itupun masih ada kemungkinan bertambah.

“Jika nanti dimaksudkan kembali dilayani Jamkesda, selama payung hukumnya jelas, itu mungkin bisa diaktifkan,” jelasnya.

Namun ia masih belum tahu apakah itu bertentangan dengan undang-undang yang mengatur BPJS JKN sebagai satu-satunya asuransi kesehatan pemerintah.

Pihaknya tidak mengkaji sampai kesana, karena bukan ranahnya.

Samson pun mengutarakan ia tetap menunggu keputusan pimpinan, jika sudah jelas bentuknya berupa hitam di atas putih, atau bagaimana.

(edisi cetak)

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved