Berita Balangan

VIDEO - Kerjasama TNI-Pemkab BalangN Sulap Rumah Tua Basir Jadi Bangunan Semi Permanen

Ia juga bersyukur adanya peran TNI melalui Babinsa untuk membangun rumah miliknya tersebut

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Kebahagiaan dirasa oleh warga Desa Buntu Karau, RT 6, Kabupaten Balangan, Kalsel, Abdul Basir. Bagaimana tidak, Basir menjadi satu warga beruntung yang mendapatkan bantuan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Rumah Basir yang dulunya rusak parah, bahkan kalau hujan, akan kemasukan air. Kini sudah memadai untuk menjadi tempat tinggal dan layak huni. Bangunannya lama dari papan dan hampir rubuh disulap menjadi semi permanen.

"Alhamdulillah sudah semakin nyaman dibanding sebelumnya," ucap Basir, Jumat (20/6/2020).

VIDEO Nelayan Muara Asamasam Protes Kapal Nelayan Luar Pulau Beroperasi di Perairan Tala

VIDEO Selamatkan UMKM, Kadin Kotabaru Jamsyar Sepakati Penjanjian

VIDEO Pendidikan Vokasi Terdepan di Kalimantan Selatan, Politeknik Tanah Laut

Basir berterima kasih pada pemerintah daerah yang telah memberikan bantuan terhadapnya. Ia juga bersyukur adanya peran TNI melalui Babinsa untuk membangun rumah miliknya tersebut.

Babinsa dari Koramil 1001-01 Juai berperan aktif dalam membantu pembangunan rumah tersebut. Dibantu pula gotong royong bersama warga yang lain. Berkat gotong royong itu pula, rumah Basir pun cepat selesai.

Serah terima rumah dilakukan langsung oleh Bupati Balangan, Ansharuddin dan Dandim 1001/Amuntai-Balangan, Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi.

Ada lima unit rumah yang masuk dalam daftar kegiatan Karya Bakti TNI rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Kodim 1001/Amuntai-Balangan dengan Dinas Sosial Kabupaten Balangan di Kecamatan Juai. Adapun total keseluruhan di Kabupaten Balangan mencapai 40 unit.

Karya bakti TNI ini ucap Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi ialah wujud nyata pengabdian TNI untuk rakyat. Dimana para Babinsa akan terjun langsung untuk membantu warga dalam proses pembangunan rumah tersebut.

"Kami melakukan koordinasi dengan Pemkab Balangan. Melalui program bedah rumah, TNI berinisiatif melaksanakan pendampingan dan membantu pengerjaan pembangunan rumah," ucap Letkol Ali Ahmad Satriyadi.

Lebih lanjut paparnya, program tersebut merupakan sinergitas antara TNI dan Pemkab Balangan untuk masyarakat. Diharapkan hasilnya pun bisa bermanfaat.

Perihal bedah rumah itu pula, Bupati Balangan, Ansharuddin berterima akan keterlibatan TNI dan pihak desa. Sebutnya, bantuan pendampingan dan tenaga yang dikerahkan sangat membantu warga dalam pembangunan rumah.

Sedikitnya, Kabupaten Balangan menganggarkan 40 unit rumah untuk di rehab pada tahun 2020 ini. Satu unit rumah senilai Rp 21 juta dengan mekanisme untuk bahan bangunan dan swadaya tukang sekitar Rp 2,5 juta.

Ansharuddin pun menyampaikan, program serupa akan dilaksanakan secara berkelanjutan. Sehingga dapat membantu kebutuhan tempat tinggal bagi masyarakat Balangan yang kurang mampu.

(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved