Breaking News:

Lifestye

Pemuda Batulicin Ini Gerakkan Program ABC, Prihatin Rendahnya Minat Baca Anak-anak

Supaya orang dapat manfaat membaca, setiap hari Minggu Muhammad Nurul Huda jalankan program literasi yang digagasnya yakni ABC alias Ayo Baca Ceria

istimewa
Muhammad Nurul Huda 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASIMPOST.CO.ID, BATULICIN - Muhammad Nurul Huda, warga Batulicin, kabupaten Tanahbumbu, suka buku-buku tentang inspirasi, pengembangan minat dan bakat, ilmu pengetahuan umum serta lainnya yang bernilai positif.

Koleksi buku pemuda kelahiran Pagatan, 25 Oktober 1997 ini, antara lain buku-buku referensi, buku puisi, buku cara melakukan sesuatu dan mengembangan skill serta aneka buku lainnya.

"Dari sekian koleksi, saya paling suka buku-buku tentang seni budaya, karena memang passion dan kemampuan saya di bidang seni," ujar putra dari Hj Noor Hasnah dan H Muhammad Jamal Abduh ini.

Supaya banyak orang juga mendapat manfaat dari membaca, setiap hari Minggu ia juga menjalankan program literasi yang ia gagas yakni ABC alias Ayo Baca Ceria.

"Program Literasi ABC ini berdiri indipenden atas inisiatif saya sendiri. Dimulai saat saya merasa prihatin dengan banyaknya anak-anak yang meninggalkan buku hingga mengurangi minat baca anak, ditambah fenomena kegiatan anak-anak sekarang yang dominan memilih main game online," alasannya.

Jangan Pernah Takut Bermimpi! Saphire Berbagi Tips dan Pengalaman Raih Beasiswa Kuliah di Turki

Berbuat baik untuk Sesama Makhluk Ciptaan Allah Termasuk Kucing, Dosa Diampuni

Lafaz Doa & Zikir yang Dibaca saat Melihat Gerhana Matahari Cincin Minggu 21 Juni 2020

HP Print Play & Learn, Bantuan Edukatif untuk Belajar Dari Rumah

Kebetulan tempat tinggalnya berada persis di samping Taman Edukasi Tanah Bumbu atau alun-alun kota Batulicin yang ramah anak, maka ia semakin memperkuat niat untuk menjalankan program ini.

"Saya memulainya dengan membuat selebaran online yang bertulis tentang ajakan menyumbangkan buku-buku donatur yang sudah tidak terpakai lagi untuk bahan bacaan di lapak baca Taman Edukasi. Dan benar saja, banyak anak-anak antusias. Bahkan orangtua membawa anaknya ke taman untuk sama-sama membaca buku di lapak baca ABC," bebernya.

Jadi buku-buku yang disajikan merupakan donasi teman-teman Huda dan merupakan buku-buku yang diseleksi agar sesuai dengan usia pembaca yaitu anak, remaja dan dewasa.

"Saya berharap suatu saat program literasi saya dapat didukung oleh seluruh pihak terkait, baik dari pemerintah maupun kalangan umum," tandasnya.

Pegawai RSUD dr H Andi Abdurrahman Noor, Batulicin, aktif sebagai MC atau pembawa acara dan juga berkecimpung dalam berbagai organisasi dan komunitas di Batulicin.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved