Pilkada Kalsel 2020

Pilkada Banjarbaru 2020 - KPU Banjarbaru Mulai Lanjutkan Tahapan Pilkada Sesuai Surat Edaran KPU RI

SE yang diterbitkan pada Jumat (19/6/2020) itu menjadi pedoman KPU provinsi dan kabupaten/kota dalam menggelar Pilkada sesuai protokol kesehatan

istimewa
_Ketua KPU Kota Banjarbaru, Hegar Wahyu Hidayat 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru sudah melanjutkan tahapan Pilkada 2020 setelah dihentikan karena pandemi covid-19.

KPU RI juga sudah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 20 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pilkada dalam Kondisi Bencana Nonalam Covid-19.

SE yang diterbitkan pada Jumat (19/6/2020) itu menjadi pedoman KPU provinsi dan kabupaten/kota dalam menggelar Pilkada sesuai protokol kesehatan pencegahan corona.

SE tersebut terbit karena rancangan Peraturan KPU (PKPU) Pilkada dalam Kondisi Bencana Nonalam belum juga diundangkan. Padahal, tahapan Pilkada telah berjalan.

Peringatan Maia Estianty Kala El Rumi Bareng Rocky Gerung, Fahri Hamzah dan Fadli Zon

Lulus Universitas Oxford, Malala Gadis yang Pernah Diberondong Peluru Taliban Ingin Tidur Nyenyak

Kisruh Pembongkaran Baliho Bando, PLT Kasatpol PP Banjarmasin Langsung Dicopot dari Jabatannya

Ketua KPU Banjarbaru Ketua KPU Kota Banjarbaru, Hegar Wahyu Hidayat, mengatakan pihaknya sudah mulai melakukan tahapan pilkada Banjarbaru.

"Kita sudah melanjutkan tahapan Pilkada. Senin, (15/6) kita melakukan pelantikan PPS se kota banjarbaru, yang sebelumnya sempat tertunda karena ada keputusan KPU RI terkait pandemi covid 19," katanya, Sabtu, (20/6).

Agenda selanjutnya, pihaknya juga melakukan persiapan untuk melaksanakan tahapan verifikasi faktual dukungan bapaslon perseorangan yang akan dilakukan dari 24 juni hingga 12 juli mendatang.

Dengan keluarnya SE Nomor 20 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pilkada dalam Kondisi Bencana Nonalam Covid-19, dikatakan Hegar bahwa itu merupakan langkah KPU RI untuk menjamin kepastian hukum bagi penyelenggara dalam melaksanakan tahapan pilkada dalam kondisi bencana non alam.

"Sampai saat ini, PKPU nya belum bisa diundangkan," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved