Breaking News:

Berita Tapin

Tahun Ajaran Baru, Siswa SD dan SMP Tetap Belajar di Rumah, Begini Alasan Kadisdik Tapin

Dinas Pendidikan Kabupaten Tapin memutuskan tahun ajaran baru 2020-2021 pada 13 Juli 2020 ini, tetapi siswa TK, SD dan SMP tetap belajar di rumah.

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Syaiful Akhyar
banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapin, Hj Ahlul Jannah. 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Dinas Pendidikan Kabupaten Tapin, Disdik Tapin, memutuskan tahun ajaran baru 2020- 2021 pada 13 Juli 2020 ini, tetapi siswa TK, SD dan SMP belajar di rumah.

"Meskipun sudah ditetapkan tahun ajaran baru 2020-2021 tetap pembelajaran anak didik tidak ada tatap muka. Siswa tetap belajar di rumah," tegas Hj Ahlul Jannah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapin, Sabtu (20/6/2020).

Hj Ahlul Jannah tak ingin mengambil risiko karena berdampak pada kesehatan anak didiknya apabila terpapar Covid-19.

"Sudah ada empat guru dan dua siswa di Kabupaten Tapin yang terpapar Covid-19. Kami tidak ingin mengambil risiko sehingga proses belajar kami putuskan tetap di rumah saja," katanya.

Ahlul Jannah mengatakan sudah melaksanakan rapat bersama dengan pejabat Dinas Pendidikan dan Ketua Kelompok Kepala Sekolah maupun Kelompok Guru Mata Pelajaran.

Bulog Tunggu Perintah Penyaluran Bansos, Ini Kata Kepala Dinas Sosial Kalsel

Soal dan Jawaban SD Kelas 4 5 dan 6 Minggu 21 Juni Belajar dari Rumah TVRI Tidak Ada Diganti Ini

Fakta-fakta Menarik Gerhana Matahari Cincin 2020, Terakhir Terjadi 1648 & Baru Ada 19 Tahun Lagi

Pemerintah Bocorkan Kapan Gaji Ke-13 PNS, Pensiunan, TNI dan Polri Cair, Ini Gaji Jaksa & Polisi

Hasil rapat itu, siswa kelas I hingga kelas V SD dan siswa kelas 7 dan kelas SMP tidak melaksanakan ulangan semester II atau semester akhir.

Dewan guru, wali kelas atau guru kelas yang mengisi rapor nilai anak didiknya, cukup menggunakan rumus nilai akhir (NA) sama dengan dua kali nilai harian (NH) atau NA = 2x NH.

Nilai harian atau (NH) sesuai dengan selesainya nilai kompetensi dasar dan nilai belajar jarak jauh semasa pandemi Covid-19.

Dua nilai itu dijumlahkan dikalikan dua ditambah nilai per tengah semester (NPTS) dibagikan tiga, itulah nilai akhir atau nilai rapor.

Dinas Pendidikan Kabupaten Tapin, jelasnya sudah pula menetapkan tahun ajaran baru 2021-2021 pada 13 Juli 2020 ini.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tapin yang akan menentukan siswa dapat belajar mengajar di kelas secara tetap muka.

Itupun masih ditelaah lebih jauh, karena hasil telaahan akan disampaikan kepada Bupati Tapin untuk menerbitkan surat edaran bahwa dengan berakhir wabah, maka belajar mengajar di sekolah aman dilaksanakan.

"Ini sesuai dengan pidato Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, mau tidak mau selama pandemi kegiatan belajar di sekolah ditunda hingga wabah Covid-19 berakhir," katanya.

(banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved