Wisata Kalang Hadangan Daha Utara

Aksi Penggembala di Wisata Kalang Hadangan Kabupaten HSS

Setelah memakan rumput, ternak kerbau digiring penggembala di tengah rawa menuju kandang yang juga ada di rawa di Daha Utara Kabupaten HSS, Kalsel.

BANJARMASINPOST.CO.ID/HANANI
Pengembala menutup kelambu kandang kerbau rawa di Desa Pandak Daun, Kecamatan Daha Utara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel ), Jumat (19/6/2020). Kelambu berfungsi mencegah nyamuk dan binatang serangga lainnya mengganggu tubuh kerbau. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Wisata Kalangan Hadangan atau kerbau rawa di Desa Pandak Daun Kecamatan Daha Utara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), mendadak ramai dikunjungi sekitar satu bulan terakhir.

Hal itu menyusul  adanya informasi new normal. Lalu, masyarakat pun berbondong-bondong datang, mencarter perahu ces kecil maupun besar.

Waktu yang tepat untuk berangkat menuju lokasi tersebut adalah selepas waktu salat asar atau sekitar pukul 16.00 Wita.

Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 50 menit, jika dari dermaga Nagara, Daha Selatan, tak terlalu lama menunggu hadangan (kerbau) kembali ke kalang (kandang).

Melihat Keunikan Kerbau Berenang di Desa Pandak Daun Kabupaten HSS

Objek Wisata Air Baru di Kabupaten HSS, Tiap Hari Dikunjungi Masyarakat

Bupati HSS H Achmad Firky Temui Mualimin Masjid dan Langgar di Daha Utara, Ini Tujuannya

Kapolsek Daha Utara Bentuk Karakter Siswa

Saat kembali ke kalang, sekitar 17.30 Wita, kerbau digiring penggembalanya berenang sekitar satu kilometer sampai tiga kilometer dari tempat kerbau dilepas mencari rumput.

Menariknya, hanya dengan mengarahkan ke titian dan anak tangga kandang, kerbau tanpa dikomando penggembalanya, naik satu persatu secara tertib setelah berenang di air rawa yang cukup dalam.

Selanjutnya, di dalam kandang, ternak berbaris mengambil tempat masing-masing.

Kesokan hari, sekitar pukul 07.00 Wita, kerbau kembali dilepas untukberenang ke lokasi yang banyak rumputnya.

Puluhan kerbau rawa sedang berenang menjadi tontonan dan objek bidikan kamera wisatawan di Desa Pandak Daun, Kecamatan Daha Utara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel ), Jumat (19/6/2020).
Puluhan kerbau rawa sedang berenang menjadi tontonan dan objek bidikan kamera wisatawan di Desa Pandak Daun, Kecamatan Daha Utara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel ), Jumat (19/6/2020). (BANJARMASINPOST.CO.ID/HANANI)

“Jadi, selain sore hari, jika ingin melihat kerbau berenang, bisa pula datang pagi-pagi sekali, selepas salat subuh. Bisa menyaksikan penggembalanya melepas untuk mencari makan kepadang rumput yang luas,”ungkap pengemudi perahu ces, Sabran.

(Banjarmasinpost.co.id/Hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved