BPost Cetak

Embung Desa Damit Tanahlaut Jebol

Hujan deras yang mengguyur Tala telah menyebabkan longsornya tanggul di pintu limpasan embung Langsat Besar di Desa Damit

banjarmasinpost.co.id/roy
Beginilah penampakan tanggul pintu limpasan embung Langsat Besar di Desa Damit yang longsor, Minggu (21/6) siang. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Tanahlaut (Tala) telah menyebabkan longsornya tanggul di pintu limpasan embung Langsat Besar di Desa Damit Kecamatan Batuampar.

Pantauan BPost, Minggu (21/6/2020) siang, onggokan tanah menutupi area pintu limpasan dekat jembatan di jalur jalan poros desa setempat.

Siring beton pada dinding tanggul limpasan terserak di area pintu limpasan. Pagar besi terlepas dan ada garis polisi yang membentang di tepi jalan di area tanggul pada pintu limpasan tersebut.

Di sekitar lokasi terpapajang papan bertuliskan; safety first, hati-hati kurangi kecepatan, hati-hati ke luar masuk kendaraan proyek. Namun tak terlihat papan nama proyek yang lazimnya memuat informasi pekerjaan proyek fisik pemerintah.

Longsor Tanggul Pintu Limpasan Embung di Damit Tanahlaut, Begini Penjelasan Camat Batuampar

VIDEO Penjelasan Camat Soal Longsor Tanggul Pintu Limpasan Embung di Damit Tanahlaut

Tanggul Pintu Limpasan Embung di Tala Longsor, Begini Kondisinya

Longsoran tanggul pada pintu limpasan tersebut menjadi perhatian kalangan pengendara yang melintas. Ada juga yang berhenti sejenak guna melihat dari dekat.

“Wah, ambrol ya tanggul embungnya. Mungkin akibat hujan deras yang terus menerus mengguyur sejak dua hari lalu,” ucap Imul, warga Batuampar yang melintas di lokasi.

Sujio, warga Damit yang sedang mencari rumput di sekitar embung mengaku tidak tahu persis kapan tanggul di pintu limpasan embung tersebut longsor.

“Ini saya baru lewat sini. Kaget juga lihat ada longsoran di tanggul embung itu. Mungkin karena hujan deras terus ini ya, mungkin kemarin itu longsornya,” ucapnya.

Ia mengatakan embung tersebut sangat bermanfaat untuk pengairan persawahan dan usaha tani di sejumlah desa di Kecamatan Batuampar. Terutama bagi desa sekitar seperti Damit dan Damarlima.

Halaman
12
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved