Kesehatan

Jaga Asupan Saat Berolahraga, Begini Tips Nutrisi yang Tepat Bagi Tubuh

Health and Nutrition Science di Nutrifood Research Center, Rendy Dijaya Muliadi menekankan pentingnya jumlah asupan gizi dan waktu konsumsi yang tepat

banjarmasinpost.co.id/Mariana
Health and Nutrition Science di Nutrifood Research Center, Rendy Dijaya Muliadi memaparkan materi nutrisi yang baik untuk olahraga via webinar Nutriclass. 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Health and Nutrition Science di Nutrifood Research Center, Rendy Dijaya Muliadi menekankan pentingnya jumlah asupan gizi dan waktu konsumsi yang tepat.

"Sebelum, selama dan setelah berolahraga ada porsinya masing-masing. Nutrisi sebelum berolahraga untuk mempersiapkan tenaga dan cairan agar dapat digunakan optimal saat berolahraga,” jelasnya dalam webinar Nutriclass, Selasa (23/6/2020).

Sebelum memulai berolahraga, disarankannya mengkonsumsi karbohidrat, untuk mengisi cadangan tenaga dalam bentuk glikogen dan jenisnya berbeda bergantung waktu sebelum berolahraga.

"Mencukupi persediaan karbohidrat dalam tubuh. Sejam atau dua jam sebelum berolahraga berbeda jenis karbohidratnya," ucap dia.

Jika memiliki rentang waktu 1-2 jam sebelum berolahraga, sebaiknya menyantap kudapan ringan karena lebih sederhana dan tidak lama dicerna tubuh. Pilih semisal buah, yogurt atau oatmeal dengan buah.

Satu Prajurit Indonesia di Pasukan Perdamaian PBB Gugur saat Serangan Milisi di RD Kongo

Dilaporkan ke Polda, Mantan Plt Kasatpol PP Banjarmasin Siap Buka-bukaan

Prof Dr H Kamrani Buseri Masuki Purnabakti, Ini Kesan Rektor UIN Antasari dan Ketua Baznas Kalsel

Bank Kalsel Buka Kesempatan KUR Bunga Lunak bagi UMKM, Pinjaman Hingga Ratusan Juta, Ini Syaratnya

Selain itu apabila kurang dari satu jam, bisa konsumsi sport drink, isinya karbohidrat dan cairan elektrolit.

Dia tidak menyarankan mengonsumsi makanan mengandung lemak sebelum berolahraga karena sulit dicerna tubuh sehingga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di perut. Ini salah satu alasan orang merasakan sakit perut usai berolahraga.

Saat melakukan olahraga dalam waktu lama dan intens, penting untuk menjaga kadar gula darah dan elektrolit tubuh agar tidak pingsan atau pusing.

"Konsumsilah karbohidrat namun yang mudah dicerna misalnya carbo gel, pisang, energy bar, sport drink dan air jika berolahraga lebih dari satu jam misal lari maraton. Sekitar 10-20 gram setiap 15-20 menit atau 30-60 gram karbohidrat per jam disarankan," imbuhnya.

Berolahraga lebih dari 2,5 jam, Rendy menyarankan asupan karbohidrat 20-30 gram setiap 15-20 menit atau 60-90 gram per jam. Bila olahraga kurang dari satu jam, asupan karbohidrat cenderung tak dibutuhkan.

Setelah berolahraga, perlu mengembalikan tenaga dan cairan tubuh yang hilang sembari mengoptimalkan penyembuhan. Yakni mengkonsumsi air, karbohidrat untuk mengembalikan tenaga dan level glikogen dalam tubuh.

Ia menyarankan asupan karbohdirat 1-1,2 gram per kilogram berat badan. Selain itu, jangan lupa asupan protein untuk membantu pemulihan jaringan otot yang rusak usai olahraga. Sekitar 20-25 gram protein cukup untuk mengoptimalkan pembentukan otot.

(Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved