Breaking News:

Berita Jakarta

66 Persen Siswa Indonesia Tak Nyaman Belajar di Rumah, UNICEF: 87 Persen Ingin Cepat Sekolah

Merangkum dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud, UNICEF menyelenggarakan survei pada 18-29 Mei 2020 dan 5-8 Juni 2020 lalu, ini hasilnya.

DOK. PIXABAY
Ilustrasi Siswa belajar di rumah. 

Editor : Didik Trio Marsidi
BANJARMASINPOST.CO.ID - Siswa yang tinggal di zona merah, oranye dan kuning saat pandemi Covid-19, masih harus melakukan pembelajaran jarak jauh di tahun ajaran baru.

Terkait dengan pengalaman siswa belajar dari rumah selama masa pandemi Covid-19, merangkum dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud, UNICEF menyelenggarakan survei pada 18-29 Mei 2020 dan 5-8 Juni 2020 lalu.

Selama survei, UNICEF menerima lebih dari 4.000 tanggapan dari siswa di 34 provinsi Indonesia, melalui kanal U-Report yang terdiri dari SMS, WhatsApp, dan Messenger.

Hasil survei menyebut, sebanyak 66 persen dari 60 juta siswa dari berbagai jenjang pendidikan di 34 propinsi mengaku tidak nyaman belajar di rumah selama pandemi Covid-19.

Nasib Driver Ojol Setelah Gojek PHK 430 Karyawan, Sekarang Hanya Fokus pada 3 Bisnis Inti

Chat WhatsApp 08122-123-123 dan Login www.pln.co.id untuk Klaim Token Listrik Gratis PLN

Cara Kotor Marc Marquez Agar Juara Terungkap, Ayah Lorenzo Sebut Tak Punya Hormat dengan Rivalnya

Dari jumlah tersebut, 87 persen siswa ingin segera kembali belajar di sekolah.

Lalu, 88 persen siswa juga bersedia mengenakan masker di sekolah dan 90 persen mengatakan pentingnya jarak fisik jika mereka melanjutkan pembelajaran di kelas.

Meski begitu, siswa telah menyadari dampak Covid-19 bila mereka kembali ke sekolah, sehingga sehingga menurut mereka akan lebih baik untuk menunggu sampai jumlah kasus COVID-19 berkurang.

Alasan siswa tak nyaman belajar dari rumah

Bukan tanpa alasan bila siswa merasa tak nyaman saat harus belajar dari rumah ketimbang di sekolah.

Survei juga mendapati, selama belajar di rumah, 38 persen siswa yang jadi responden mengatakan kekurangan bimbingan dari guru menjadi kendala utama.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved