Pilwali Banjarmasin 2020

Gagal di Jalur Perseorangan Pilwali Banjarmasin, Anang Jajaki Parpol

Meski pasangan telah mundur dari Pilwali Kota Banjarmasin, Anang Misran akan tetap maju dengan mencoba menjajaki jalur parpol.

BANJARMASINPOST.CO.ID/ACHMAD MAUDHODY
Anang Misran, bakal calon dalam Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel ), Rabu (24/6/2020). 

Editor:  Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menetapkan Bakal Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin jalur perseorangan, Anang Misran-Ahmad Firdaus, tidak memenuhi syarat.

Penetapan status tersebut merupakan konsekuensi dari disampaikannya surat pengunduran diri yang disampaikan Bakal Calon Wakil Wali Kota Banjarmasin jalur perseorangan, Ahmad Firdaus, ke KPU Kota Banjarmasin saat Selasa (16/6/2020).

Hal ini dibenarkan Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rahmiyati Wahdah, saat dikonfirmasi Banjarmasinpost.co.id, Rabu (24/6/2020).

Penetapan status tidak memenuhi syarat ini kata Rahmiyati merujuk pada Peraturan KPU (PKPU) Nomor 1 Tahun 2020 Pasal 33 Ayat 1.

Aturan tersebut menyatakan, apabila bakal pasangan calon atau salah satu bakal pasangan calon mengundurkan diri pada saat verifikasi administrasi sampai rekapitulasi, maka dinyatakan tidak memenuhi syarat dan tidak dapat digantikan dengan yang lain.

"Karena itu satu paket, artinya apabila tidak memenuhi syarat maka tidak bisa ke tahapan selanjutnya dan tidak bisa digantikan," kata Rahmiyati.

Pendamping Mundur, Ini Kata Bacalon Wali Kota Banjarmasin Anang Misransyah

VIDEO, Firdaus Mundur Sebagai Bakal Calon Wakil Wali Kota Banjarmasin Jalur Perseorangan

Firdaus Mundur dari Bursa Pilwali Kota Banjarmasin Jalur Perseorangan

VIDEO Bakal Pasangan Calon Anang-Firdaus yang Pertama Serahkan Bukti Dukungan ke KPU

Artinya, dengan pengunduran diri Firdaus, Anang pun tak bisa lagi melanjutkan tahapan dan proses lanjutan termasuk paling dekat yaitu proses verifikasi faktual bukti dukungan.

Surat pemberitahuan atas penetapan status tersebut juga menurutnya sudah dilayangkan kepada yang bersangkutan.

Terpisah, Anang Misran menyatakan mau tidak mau harus mengikuti keputusan KPU yang menetapkan status tidak memenuhi syarat atas pencalonannya di jalur perseorangan.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved