Wisata Sejarah Rumah Banjar

VIDEO Rumah Adat Banjar di Teluk Selong Kabupaten Banjar Berusia Ratusan Tahun

Rumah tradisional Banjar tersebut memiliki satu lantai dengan atap yang dibangun lebih tinggi di bagian tengahnya.

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Menjadi masyarakat Kalimantan Selatan rasanya kurang lengkap bila belum mengetahui dan melihat secara langsung bagaiman rupa rumah adat suku Banjar yang menjadi suku asli orang banua ini.

Letaknya di Jalan Teluk Selong Ulu, kecamatan Martapura Barat, kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, rumah adat Banjar dapat dikunjungi setiap hari.

Rumah tradisional Banjar tersebut memiliki satu lantai dengan atap yang dibangun lebih tinggi di bagian tengahnya.

Sedangkan pada bagian kiri dan kanan atap dibuat seperti memiliki sayap kecil yang menghadap ke atas atau beranjung dan disebut juga ba-anjung dalam bahasa daerah Banjarnya.

Lantainya yang dibuat tinggi memang sengaja untuk menghindari banjir yang kerap terjadi. Mengingat di kawasan tersebut dikelilingi oleh rawa.

Rumah Adat Di Teluk Selong dari Kerajaan Bahari

Bentuk atau ciri khas dari bangunan adat Banjar yang biasa diidentikkan dengan peninggalan kerajaan memang sebagai bentuk peninggalan kerajaan bahari.

Pemilik sekaligus pengelola rumah adat Banjar generasi ke-empat, Fauziah mengungkapkan rumah yang ia diami tersebut dulunya merupakan bangunan dari kerajaan Banjar.

Fauziah menyampaikan pada zaman dahulu, nenek buyut atau Datuknya merupakan seorang saudagar yang memang ingin membangun rumah dengan bangunan Baanjung tersebut.

Halaman
1234
Penulis: Leni Wulandari
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved