Pilwali Kota Banjarmasin

VIDEO KPU Banjarmasin Serahkan Berkas Syarat Dukungan dan APD untuk Verifikasi Faktual

Verifikasi faktual terkait dengan Pilwali Kota Banjarmasin 2020 dari jalur perseorangan dimulai, Rabu (24/6/2020)

screenshot
KPU Kota Banjarmasin 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Verifikasi faktual terkait dengan Pilwali Kota Banjarmasin 2020 dari jalur perseorangan hari ini Rabu (24/6/2020) dimulai.

Pasalnya hari ini, KPU Kota Banjarmasin menyerahkan berkas syarat dukungan bakal calon  Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin jalur perseorangan, di aula Kantor Kecamatan Banjarmasin Timur.

Ketua KPU Kota Banjarmasin Rahmiyati Wahdah mengungkapkan, berkas syarat dukungan akan diverifikasi oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) guna memastikan dukungan yang tertera pada berkas balon wali kota jalur perseorangan.

Tahapan verifikasi faktual sendiri resmi dimulai hari ini, hingga 12 Juli 2020 mendatang.

"Kita mengambil start-nya pada hari ini di Kecamatan Banjarmasin Timur dan Banjarmasin Tengah," kata Rahmiyati.

Baru Ditunjuk, PLT Kasatpol PP Banjarmasin Dikabarkan Mengundurkan Diri, Begini Tanggapan Ibnu Sina

VIDEO Update Covid-19 Kalsel: Penambahan Positif Covid-19 Sebanyak 90 orang

Siswa SMAN 5 Banjarbaru Akan Menumpang di SMPN 4 Banjarbaru

Tak hanya menyerah berkas syarat dukungan balon wali kota perseorangan. KPU Kota Banjarmasin juga menyerahkan alat pelindung diri (APD) yang akan digunakan oleh PPS selama menjalani tahapan verifikasi faktual di lapangan.

"Karena ada surat dari KPU RI yang mana di tengah pandemi Covid-19 ini, kita harus menyiapkan jajaran kita untuk selalu waspada dengan Covid-19. Jadi kita serahkan APD di sini, seperti masker, sarung tangan, hand sanitizer dan face shield," ungkap Rahmiyati.

Ditambahkannya karena waktu yang cukup mepet, maka untuk pengadaan APD jajarannya harus merevisi anggaran yang ada. Karena, untuk anggaran yang bersumber dari APBN belum diturunkan.

Ketika ditanya berapa besarannya, Rahmiyati mengaku tidak ingat secara persis.

"Tetapi per tahapan ya. Kita meminta yang dari APBN itu sebesar Rp 7,7 miliar. Jadi dipilah-pilah per tahapan," lugasnya.

Dijadwalkan pada Kamis (25/6/2020) esok, kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di tiga kecamatan lainnya. Yaitu Kecamatan Banjarmasin Utara, Banjarmasin Barat dan Banjarmasin Selatan.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved