Berita Tanahlaut

VIDEO Terdampak Corona, Pokdarwis Tala Senang Dapat Bantuan ini

Ada tiga kelompok sadar wisata (pokdarwis) di Tala yang terpilih mendapatkan bantuan dari Kemenparpkraf

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Berkepanjangannya pandemi corona virus diseases (covid-19) benar-benar memukul semua sektor. Termasuk jasa kepariwisataan yang juga terpuruk karena dilarang beroperasi sejak mewabahnya virus ganas itu.

Seluruh objek wisata di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), pun juga tak beroperasi sejak beberapa bulan lalu. Baru pada pekan ini secara bertahap Dinas Pariwisata (Dispar) Tala mulai mempertimbangkan permohonan pengoperasionalan kembali yang diajukan pengelola wisata.

"Karena itu sektor kepariwisataan juga kena imbasnya karena objek wisata sepi, tidak buka. Alhamdulillah ada bantuan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparkraf)," ucap Kepala Dispar Tala Ismail Fahmi, Kamis (25/6/2020).

VIRAL Video Tik Tok, Kisah Sedih Pesta Ultah Cuma Dihadiri 2 Teman, Asli Nyesek Banget!

VIDEO KPU Banjarmasin Serahkan Berkas Syarat Dukungan dan APD untuk Verifikasi Faktual

VIDEO Update Covid-19 Kalsel: Penambahan Positif Covid-19 Sebanyak 90 orang

Ada tiga kelompok sadar wisata (pokdarwis) di Tala yang terpilih mendapatkan bantuan dari Kemenparpkraf. Bentuknya berupa bantuan lauk pauk siap saji (balasa) yang terkemas dalam kardus ukuran cukup besar. Isinya antara lain beras, abon, dan beberapa jenis makanan siap saji lainnya.

Fahmi menuturkan beberapa waktu lalu pihaknya mengusulkan puluhan pelaku sektor wisata di Tala ke Kemenparkraf. Termasuk pengelola tempat inap (hotel) dan restoran/rumah makan.

"Namun yang disetujui hanya tiga, ketiganya pokdarwis. Jadi, kami harapkan pokdarwis lainnya memaklumi hal ini karena yang menentukan bukan Dispar Tala," tandasnya.

Tiga pokdarwis yang mendapat bantuan yakni pokdarwis Gunung Birah dari Desa Kandanganlama, Kecamatan Panyipatan. Lalu, Pokdarwis Surai (Susur Sungai) dari Desa Panjaratan, Kecamatan Pelaihari, dan Pokdarwis Dewa Katar (Desa Wisata Karang Taruna), Kecamatan Pelaihari.

Pokdarwis Dewa Katar dan Pokdarwis Gunung Birah masing-masing mendapat 20 kotak Balasa, sedangkan Pokdarwis Surai mendapat 36 kotak Balasa.

Penyerahan Balasa tersebut berlangsung sederhana di kantor Dispar Tala. Mereka terlihat begitu semringah. Lantaran cukup banyak paket Balasa yang diapatkan, mereka membawa mobil pikap, bahkan salah satu di antaranya membawa truk.

"Semoga bantuan dari Kemenparkraf tersebut bermanfaat dan kawan-kawan pokdarwis tetap semangat," tandas Fahmi.

(Banjarmasinpost.co.id/Idda Royani)

Penulis: Idda Royani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved