Breaking News:

Berita Banjarmasin

Komunitas Wasi Pusaka Banua, Begini Kata Ketua Korwil Banjarmasin

Penyuka senjata pusaka terhimpun dalam satu komunitas bernama Wasi Pusaka Banua atau Wasaka, anggotanya tersebar di Kalsel dan Kalteng.

BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN
Anggota Komunitas Wasaka alias Wasi Pusaka Banua di Kalimantan Selatan ( Kalsel ), memperlihatkan koleksi senjata pusaka, Jumat (26/6/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMSINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Terdapat Komunitas Wasaka alias Wasi Pusaka Banua yang keberadaanya tersebar di  berbagai daerah.

Mulai dari Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura, Barito Kuala (Batola), Barabai, Rantau, Kandangan, Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel ), hingga Kapuas dan bahkan Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah ( Kalteng ).

Ketua Wasaka Korwil Banjarmasin, H Adi, mengatakan kepada Banjarmasinpost.co.id, untuk di Banjarmasin yang berjuluk Kota Seribu Sungai saja anggota yang terdaftar 350 orang. Belum lagi korwil daerah lainnya.

"Kalau di grup Facebook, anggota dan simpatisan lebih 7.000 orang," sebut  Adi.

Berawal sebagai komunitas biasa, kini Wasaka secara organisasi sudah ada akta notaris pada 2011 lalu.

UPDATE Covid-19 Kalsel: Positif Corona 41 Orang, Sembuh 39 Orang

VIDEO Menyimak Sejarah di Museum Waja Sampai Kaputing Kalsel

"Anggota Wasaka ini sangat beragam, kalangan swasta, pegawai dan lainnya. Jadi ada yang punya keterampilan sebagai guru kuntau, seniman japin, seniman wayang, pokoknya yang berhubungan seni budaya daerah," ujar Adi.

Adapun usia anggota antara 20 tahunan sampai 70-80 tahun. Semua punya satu rasa yang sama, disatukan dalam kegemaran dengan senjata pusaka.

"Bagi kami, dimaksud pusaka itu tidak hanya barang kuno, tapi juga barang yang kita sayangi dan punya nilai lebih. Itu pusaka," papar Adi.

Sebagai anggota tidak mesti harus banyak punya pusaka kategori kuno tersebut. Paling tidak minimal punya satu bilah barang kuno misal peninggalan keluarga, itu sudah cukup.

Halaman
123
Penulis: Salmah
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved