Berita Banjarmasin

VIDEO Ibnu Sina Jadi Saksi Nikah Anak Teman di KUA Banjamasin Barat

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, datangi Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Banjarmasin Barat. Kedatangannya itu ternyata sebagai saksi nikah.

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, hari ini Jumat (26/6/2020) pagi mendatangi Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Banjarmasin Barat.

Kedatangan Ibnu Sina ini sendiri dalam rangka dirinya menjadi saksi dalam sebuah prosesi akad nikah yang berlangsung saat itu yakni Muhammad Rizal Eriansyah dan Novi Rahayu.

Akad nikah saat itu dilangsungkan dalam sebuah ruangan di dalam kantor KUA yang terletak di Jalan Teluk Tiram tersebut.

Baik kedua mempelai, termasuk juga wali hingga saksi nikah menggunakan masker dan yang hadir dalam ruangan ini pun sangat dibatasi. Bahkan penghulu saat itu juga mengenakan face shield.

Dan Ibnu Sina yang saat itu mengenakan peci serta masker hitam, duduk di samping penghulu, dan prosesi izab qabul pun berjalan lancar.

"Hari ini ulun (saya, red), memang diminta jadi saksi anak pak Rudi, teman saya juga," ujar Ibnu Sina usai menjadi saksi akad nikah.

Dibuka Pendaftaran Taruna Taruni TNI AL, Daftar Lewat Website Resmi atau ke Lanal Banjarmasin

Pelaku Penembakan Kades Jirak Tabalong Dibekuk di Rumah Orangtuanya

VIDEO Kepiluan Perajin Bakul Purun Tala, Sehari Cuma Dapat Segini

101 Coffee Banjarmasin, Alternatif Kafe Baru di Hutan Kota Banjarmasin, Asyik Ngopi Suasana Asri

Ibnu Sina menambahkan bahwa kehadirannya saat itu sekaligus ingin memantau jalannya akad nikah di KUA terkait penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

"Saya juga ingin melihat aktivitas dan kegiatan yang dilaksanakan oleh masing-masing KUA. Dan protokol kesehatan diterapkan misalnya wajib pakai masker, bahkan yang menikahkan tadi pakai face shield. Jadi memang perlu mengamankan diri dengan standar pengamanan Covid-19," bebernya.

Ibnu Sina menambahkan bahwa untuk pelaksanaan akad nikah sudah sewajarnya tetap dilangsungkan meskipun di tengah pandemi Covid-19.

"Kalau nikah kan tidak bisa ditunda-tunda, tapi kalau untuk resepsi memang masih belum diizinkan sampai sekarang. Mungkin Juli nanti bisa, tapi itu pun sangat terbatas," jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kota Banjarmasin, H Ahmad Sya'rani menerangkan bahwa pelayanan nikah di KUA mengacu pada Surat Edaran Dirjen Binmas Islam.

"Ini tertuang pada SE Nomor P-006/DJ.III/DJ.III/HK.007/06/ 2020tentang pelayanan nikah menuju masyarakat produktif aman Covid-19, yang pada prinsipnya untuk tetap memberikan rasa aman dan tetap mendukung pelaksanaan pelayanan nikah dengan tatanan normal baru," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved