Sport

Tak Punya Padepokan, Perguruan Silat di Kabupaten Banjar Ini Raih Prestasi di Tingkat Nasional

Perguruan Pencak Silat Borneo Sepecut di Kabupaten Banjar tetap berprestasi walaupun tak memiliki padepkan untuk berlatih

istimewa
Bendahara sekaligus Asisten Pelatih Perguruan Pencak Silat Borneo Sepecut Farhan bersama salah seorang atletnya. 

Editor  : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Tak memiliki padepokan khusus untuk berlatih pencak silat, tak menghalangi perguruan Pencak Silat Borneo Sepecut di Kabupaten Banjar untuk mengirimkan atletnya ke kejuaraan tingkat nasional.

Tercatat, Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) 2018, Kejuaraan Daerah Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Provinsi pada Juli 2019, murid dari perguruan ini atas nama Eliza mampu meraih peringat ketiga.

Begitu pula, di Kejuaraan Provinsi Tanah Laut (Kejurprov) pada November 2019 mendapatkan peringkat pertama atas nama Syahdan, Kopda pada Oktober 2019.

"Kopda 2019 ini, Eliza berada diperingkat pertama dan Syahdan berada diperingkat ke dua," Kata Farhan kepada Banjarmasinpost.co.id.

Pencak Silat Kalsel Ajukan Usulan Uji Coba ke Malaysia dan Vietnam

VIDEO Setelah karate, Pencak Silat Siap Ikut Pecahkan Rekor MURI

Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) pada Februari 2020, yang mana Elizza, Roslina dan Risda meraih peringkat kedua dan Uyun serta Syahdan diperingkat ketiga.

Bendahara sekaligus Asisten Pelatih Perguruan Pencak Silat Borneo Sepecut ini mengatakan, seharusnya Juli ada kejuaraan, tetapi karena adanya pandemi covid-19 ini diundur ke 2021 mendatang.

Persiapan pun sudah dilakukan dengan latihan fisik di antaranya push up, sit up, menahan atau mengangkat beban, memperkuat kuda-kuda dan pengaturan pernapasan.

Sedangkan untuk teknik di antaranya teknik pukulan, tendangan, bantingan dan teknik kuitan yang di izinkan oleh IPSI.

Azhar Pendekar Kalsel Rebut Tiket PON Pertama Pencak Silat

Tidak hanya sampai persiapan fisik dan teknik saja, dari segi makanan pun di anjurkan agar jangan terlalu banyak makan makanan yang berminyak. Penting juga menurut Farhan untuk jangan begadang dan terlalu lelah.

"Insya Allah, dengan latihan begini, kalau ada pertandingan para atlet sudah siap,"katanya.
(Banjarmasinpost.co.id/Siti Bulkis)

Penulis: Siti Bulkis
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved