Berita Banjarmasin

VIDEO KPU Banjarmasin Gelar Rapid Tes Diikuti 94 Anggota PPK dan PPS

Cegah Covid-19 dalam pelaksanaan tahapan pilkada tahun 2020, KPU Kota Banjarmasin mengadakan rapid test terhadap 94 anggota PPK dan PPS.

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 juga dilakukan KPU Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, terhadap jajarannya.

Seperti, semua anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) menjalani rapid test . 

Hal itu disampaikan Komisioner KPU Kota Banjarmasin, M Syafruddin Akbar, di sela pelaksanaan rapid test massal di kantornya, Jalan Perdagangan, Sabtu (27/06/2020).

Dikatakannya kepada Banjarmasinpost.co.id, pelaksanaan rapid test tersebut sesuai rekomendasi Surat Edaran yang diterbitkan KPU RI beberapa waktu lalu.

"Sebenarnya dari awal kami belum melaksanakan Rapidtest, ternyata dari KPU RI ada surat turun, isinya merekomendasikan PPK dan PPS menjalani Rapidtest sebelum melakukan verifikasi faktual ke lapangan," katanya.

Apabila anggota PPK ataupun PPS memiliki hasil reaktif, maka disarankan untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

VIDEO KPU Banjarmasin Serahkan Berkas Syarat Dukungan dan APD untuk Verifikasi Faktual

Pilkada Kalsel 2020 - KPU Banjarmasin Belum Pastikan Kebutuhan Dana Tambahan untuk Pemilihan

Gelar Sayembara Cipta Jingle, KPU Banjarmasin Sediakan Belasan Juta

VIDEO KPU Banjarmasin Gelar Sosialisasi Pilwali Tahun 2020

Hal itu otomatis membuat yang bersangkutan tidak bisa melakukan verifikasi faktual yang akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai Senin (29/6/2020)) sampai Senin (12/7/2020).

"Kalau ada hasilnya reaktif, maka sesuai anjuran Dinas Kesehatan, anggota yang bersangkutan tidak bisa ikut verifikasi faktual, dan harus isolasi mandiri 14 hari," tegasnya.

Lanjut Syafruddin menjelaskan, jika ada petugas yang dinyatakan reaktif, maka yang bersangkutan bisa menunjuk atau meminta bantuan orang lain untuk melakukan verifikasi faktual di lapangan.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Rahmadi
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved