Liga 3 Indonesia

Liga 3 Indonesia Pasti Digelar, Hanya Ada Dua Tim Promosi

PSSI juga memberikan kepastian soal wacana akan kembali menggelar kompetisi LIGA 3 2020

istimewa
Sekretaris Asprov PSSI Kalsel Baktiansyah menjelaskan soal kembali bergulirnya Liga 3 Indonesia. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Setelah memastikan akan menggelar kembali kompetisi Liga 1 dan Liga 2, PSSI juga memberikan kepastian soal wacana akan menggelar kompetisi LIGA 3 2020.

Sekretaris Asprov PSSI Kalsel Baktiansyah mengatakan seluruh asprov PSSI se-indonesia sudah dikumpulkan dalam pertemuan virtual oleh PSSI untuk membahas kompetisi Liga 3.

"Sudah ada sinyal dari PSSI setelah pertemuan beberapa waktu lalu," kata Bakti sapaannya pada Banjarmasinpost.co.id Sabtu (27/6/2020) siang.

Hal yang paling menarik perhatian adalah soal kepastian promosi ke Liga 2 bagi anggota Liga 3 yang berhasil menjadi yang terbaik.

Tim Gunung Sambung Akan Bawa Eks Pemain Martapura FC di Liga 3

Asprov PSSI Kalsel Pertanyakan Jadwal Liga 3

"Soal promosi wacana yang disampaikan adalah 2 tim.  Jumlah ini memang jauh dibanding tahun sebelumnya namun hal ini cukup menggembirakan bagi klub Liga 3 yang berkompetisi," jelas dia.

Jika musim sebelumnya ada enam klub yang naik kasta, namun untuk tahun ini hanya ada dua tim saja, lantaran tidak ada degradasi yang berlaku di Liga 2 2020.

Selain itu, hanya ada dua klub Liga 2 2020 yang promosi ke Liga 1 2021. hal inilah yang menjadi alasan kenapa klub Liga 3 hanya mendapat jatah dua tim yang promosi.

"Namun sekali lagi ini hanya wacana mudah-mudahan realisasinya bisa lebih," tambah dia.

Dalam rapat virtual kata Bakti seluruh Asprov sepakat agar kompetisi harus tetap digelar mengingat Liga 1 dan Liga 2 sudah menemukan kata sepakat dalam hal jadwal pelaksanaan.

"Kompetisi liga 3 adalah sebuah sistem mata rantai yang tidak terputus kan. Pembinaan sepak bola di Indonesia. Kompetisi Liga 3 dan surratin yang kelompok umur juga banyak menyumbang bibit-bibit sepak bola yang handal di tanah air.

Bagaimana soal format, Bakti menjelaskan nanti akan menyesuaikan kondisi saat ini dan menyerahkan sepenuhnya kepada PSSI pusat untuk dibawa ke rapat komisi eksekutif.

Liga 2 dan Liga 3 Kalsel: Dilema Macan Gaib

"Ini terkait format komletisi yang saat ini tidak ideal dar tahun-tahun sebelumnya karena terkait covid-19. Sehingga format mungkin akan menyesuaikan dengan kondisi saat ini," jelas dia.

Waktu pelaksanaan untuk Liga 3 kemungkinan besar akan digelar di akhir tahun ini antara Oktober November dan Desember.

"Kemungkinan besar di akhir tahun pandemi covid semoga akan meledak sehingga bisa menggelar kompetisi secara maksimal," pungkas dia. (banjarmasin post.co.id/Khairil rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved